oleh

Terungkap Awak Media ! Ini Kinerja Kasubbag Humas AKP M. Tambunan di Polres Gowa

BERITA KOTA ONLINE.COM, GOWA – Keterbukaan informasi publik dalam suatu kelembagaan tidak terlepas dari peran Humas. Salah satu tugas humas adalah memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai yang dibutuhkan.

Kasubbag Humas Polres Gowa AKP M. Tambunan bersama Awak Media Kamis (25/2/2021)

Salah satu ciri humas yang sehat dalam suatu instansi adalah informatif,  cepat, mudah, edukatif, transparan dan akuntabel.

Hal tersebut bagi awak media terlihat pada sosok seorang Kasubbag Humas AKP M. Tambunan selama melaksanakan tugasnya di Polres Gowa Sulawesi Selatan.

Pernyataan tentang peran Humas itu terungkap dalam obrolan santai para Awak Media bersama Kasubbag Humas Polres Gowa AKP. M. Tambunan di Warung Kopi depan Kantor Polres Gowa jalan syamsuddin Tunru Kamis (25/2/2021) pagi.

Pertemuan yang tanpa disengaja itu disambut humanis oleh Kasubag Humas Polres Gowa, AKP M. Tambunan bersama beberapa awak media yang hadir dengan tetap jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

Obrolan santai di pagi itu dinilai Tambunan sebagai wadah ruang untuk diskusi dan kritik sekaligus sosialisasi berbagai program polri terlebih dimasa pandemi covid 19.

Ini juga kata Tambunan sebagai simbol hubungan silahturrahim dan sinergitas Polri berjalan dengan baik bersama awak media tanpa memandang media kecil maupun besar baginya semua sama.

“Bahwa sampai saat ini hubungan kami bersama awak media berjalan baik, maka dari itu saya katakan, marilah kita bersama-sama menjaga kebersamaan ini agar selalu berjalan lebih baik”.

“Saya selaku Humas Polres Gowa tentu sangat gembira dapat menjalin hubungan silaturahmi bersama para jurnalis” tutur Tambunan yang juga pencipta Lagu Mars Zona Integritas menuju WBBM Polres Gowa ini dihadapan awak media.

Dikatakan Tambunan didalam menjalankan fungsi dan tugasnya selaku corong informasi dan penerangan di Polres Gowa dimanapun dan kapan pun dirinya selalu siap memberikan keterangan saat dikonfirmasi awak media yang datang menemuinya ataupun konfirmasi melalui pesan via Whatsapp.

Termasuk kata Tambunan memberikan informasi kepada awak media tentang kebijakan pelayanan termasuk segala bentuk aktivitas kinerja polisi saat pengungkapan kasus secara terbuka, cepat dan mudah yang ada di wilayah hukum Polres Gowa.

“Disinilah tantangannya humas untuk melayani kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi menginginkan keterbukaan informasi secara cepat, ini juga cerminan kawasan zona Integritas yang ada dipolres gowa”, ucapnya

Tak heran kata awak media kalau publikasi pemberitaan kegiatan Polres Gowa di bawah tongkat kepemimpinan Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto SIK selalu mengisi ruang group Whatsapp Wartawan setiap harinya.

Hal ini bagi awak media sebagai bukti kinerja AKP M. Tambunan selaku Kasubbag Humas Polres gowa dinilai wartawan paling produktif dan komunikatif menjadi corong informasi kepada publik.

“Bukti kinerja seorang Humas itu dapat dengan mudah di lacak jejak digitalnya melalui pemberitaan media cetak, online televisi dan elektronik melalui internet”, Kata Rusdi Dullahi selaku awak media timurnews.com dan youtuber Timur News TV.

Menurut Rusdi Dullahi selaku Wakil Ketua Jurnalis Online Indonesia Kota Makassar yang akrab disapa Rusdi Gonrong menilai sudah saatnya Polri memberikan apresiasi penghargaan sebagai bentuk reward kepada humas yang kinerjanya produktif dan komunikatif salah satunya AKP M Tambunan di Polres Gowa Sulawesi Selatan.

Ditempat yang sama, Haryadi Talli selaku Pimpinan Umum media liputan01.com menyoroti aktivitas wartawan di polres gowa yang tidak melakukan konfirmasi pemberitaan lewat humas

Menurut Haryadi Humas sebagai orang pertama yang bisa memberikan akses informasi secara akurat dan berimbang sehingga tidak merugikan pihak yang diberitakan.

“bahwa seorang pekerja jurnalis adalah mitra pemerintah Khususnya kepolisian Dan TNI, tentunya ketika ingin membuat narasi berita sebaiknya dikonfirmasi terlebih dahulu agar pemberitaan tersebut jelas akurat dan berimbang serta selalu menjaga marwah nama baik institusi agar profesional dan berkesinambungan”, pungkasnya (Herman Taruna/Arya).

Editor : Andi Eka / Asrat Tella / A. AR. Rakhmansya Iskandar / Andi Ahmad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed