oleh

Camat Bantimurung dan Kades Mattoanging Hadiri Pelatihan Konvergensi Pencegahan Stunting  

Maros, Beritakota Online-Dalam upaya meningkatkan kapasitas kader Posyandu di Desa Mattoanging, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Kepala Desa Mattoanging, Amiruddin,SE melaksanakan pelatihan bagi kader Posyandu Pada Konvergensi Pencegahan Stunting di GOR Kantor Desa Mattonging, yang dihadiri Camat Bantimurung, Kabupaten Maros, Asrul Rivai S.Ip. MM, Kapus dr.H.Muhammad Yunus,S.Ket.M.Kes. Pendamping Desa H. Muhammad Ali SE, serta Kader Posyandu dan ibu hamil, dengan mengambil tema “Konvergensi Pencegahan stunting bagi Kader Posyandu”.

Camat Bantimurung dan Kades Mattoanging Hadiri Pelatihan Konvergensi Pencegahan Stunting (Foto: Mansur)

Kepala Desa Mattonging, Amir, sapaan akrab Amiruddin,SE mengatakan, bahwa Posyandu memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan kesehatan masyarakat dalam program Konvergensi Stunting di Desa.

“Tujuan dibentuknya Posyandu di desa, karena Posyandu diharapkan bisa menjadi garda utama dalam layanan dasar kesehatan untuk percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak. Sehingga Posyandu bukan saja untuk melayani balitanya, tetapi juga ibu hamil, ibu menyusui dan ibu nifas,” ujar Amir.

“Kepada seluruh kader Posyandu, saya berpesan agar meningkatkan koordinasi dengan seluruh Penggiat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Pembangunan Desa, seperti guru PAUD, Kader Kesehatan, Unit Layanan Kesehatan, Unit Layanan Pendidikan, Kader PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting dalam naungan forum Rumah Desa Sehat. Karena tanpa sinergitas, maka kegiatan pencegahan stunting di desa akan semakin berat dilaksanakan,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Camat Bantimurung, Kabupaten Maros, Asrul Rivai S.Ip. MM, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan Posyandu ini, merupakan salah satu wujud dari Rencana Aksi Daerah dalam rangka Pencegahan Konvergensi Stunting oleh Bupati Maros tahun 2020.

“Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam hal Pencatatan dan Pelaporan (SIP), Pelaksanaan 5 Paket Layanan Pencegahan Stunting di Desa, Peran PAUD dalam Konvergensi Stunting, Pemanfaatan Dana Desa untuk Pembangunan Kesehatan serta Tugas KPM dalam Penanganan Konvergensi Stunting di Desa,” ujar Asrul.

“Melalui kegiatan ini, kami harapkan semoga para kader posyandu semakin terlatih dan terampil dalam melaksanakan kegiatan rutin Posyandu di Desa Mattoanging, sehingga peran Posyandu dalam upaya konvergensi pencegahan stunting makin meningkat,” tutup Camat Bantimurung itu.(Mansur/Abd Haris)

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Syamsul Bakhri/Saiful Dg Ngemba/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed