oleh

Antisipasi Bencana Alam, Polres Enrekang Bersama Bupati dan Stake Holder Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Enrekang,  Berita Kota Online – Polres Enrekang bersama Bupati menggelar simulasi Penanganan Bencana Bersama Stake Holder untuk mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi, Minggu (15/11/2020).

Sebelum melakukan simulasi Bupati Enrekang, Drs. H. Muslimin Bando, MPd menjadi Inspektur Upacara dan menggelar Apel  Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan peralatan SAR di jalan Swiss Kelurahan Juppandang Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang, Minggu (15/11/2020).

Apel tersebut turut dihadiri Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando M. Pd., Wakil Buapati Enrekang Asman. SE., Kapolres Enrekang AKBP Dr. Andi Sinjaya, SH, SIK, MH, Forkopimda Kabupaten Enrekang, dan PJU Polres Enrekang

Hadir pula 1 Ton Kodim 1419 Enrekang, 2 Ton Polres Enrekang, 1 Ton Satpol PP & Damkar, 1 Ton TRC Dinas Kesehatan, 1 Ton Tim SAR, 1 Ton Patmor Polres Enrekang dan 1 Ton Pramuka.

Bupati Enrekang, Drs. H. Muslimin Bando, MPd dalam amanatnya mengatakan, kejadian bencana yang tidak kita inginkan kadang-kadang terjadi tanpa disangka-sangka.

“Untuk itu, kita perlu mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi karena bencana selalu terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat kita duga,” kata Bupati dalam sambutannya.

Bupati Enrekang, Drs. H. Muslimin Bando, MPd menjadi Inspektur Upacara Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan peralatan SAR di jalan Swiss Kel. Juppandang Kec. Enrekang Kab. Enrekang, Minggu (15/11/2020).

Dikatakan Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando Kabupaten Enrekang merupakan salah satu daerah yang ada di Sulawesi selatan hampir 80% berbukit dan bergunung – gunung salah satu daerah memiliki ancaman bencana alam seperti kebakaran hutan dan longsor.

Oleh karena itu lanjut Bupati, kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting agar mampu melakukan tindakan guna mengurangi resiko ketika terjadi bencana.

“Kesiapsiagaan masyarakat adalah segala upaya untuk menyiapkan kemampuan masyarakat agar dapat merespon kejadian bencana secara cepat dan tepat” sambung Bupati Enrekang.

Ditempat terpisah Kapolres Enrekang AKBP Dr. Andi Sinjaya, SH, SIK, MH mengatakan melalui apel siaga ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup sesuai fungsi dan peran masing-masing, guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si

Mengenai hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, SIK, MSi., menyampaikan untuk Polda Sulsel beserta jajaran Polres, selain menyiapkan personel juga menyiapkan peralatan dan kendaraan yang diturunkan jika sewaktu-waktu terjadi musibah bencana di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Polda Sulsel beserta jajaran Polres menyiapkan 1/3 kekuatan personelnya dalam menghadapi penanggulangan bencana,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, SIK, MSi.

Laporan : Saiful Daeng Ngemba
Editor : Andi Eka / Asrat Tella / A. AR. Rakhmansya Islander / Andi Ahmad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed