oleh

Ketua TP PKK Borikamase Maros, Laksanakan Kegiatan Strategi Percepatan Pencegahan Stunting

Maros, Berita Kota Online-Dalam lima tahun terakhir, Pemerintah Desa Borikamase, TP PKK, dan Kader Posyandu Borikamase, meningkatkan
perhatian dan anggaran untuk mempercepat penurunan angka bayi pendek (stunting), sesuai peraturan presiden prioritas penanggulangan stunting, ujar Ketua TP PKK Borikamase, Indrawati, saat pengarahan Strategi Percepatan Pencegahan Stunting, di Aula Kantor Desa Borikamase, Rabu (21/10/2020).

Ketua TP PKK Borikamase, Indrawati, saat pengarahan Strategi Percepatan Pencegahan Stunting, di Aula Kantor Desa Borikamase, Rabu (21/10/2020).

Masalahnya, meski prevalensi bayi stunting di Desa Borikamase, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, pada 2020 masih ada, namun belum ada data prevalensi tingkat kecamatan dan desa yang dapat membantu menentukan area prioritas intervensi, jelasnya.

Indarwati juga mengatakan, “saat ini informasi prevalensi status gizi anak di bawah lima tahun baru tersedia untuk tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten, sehingga keterbatasan informasi menjadi kendala Pemerintahan Desa Borikamase dalam menentukan sasaran program anti-stunting ke area yang lebih kecil.

Hingga saat ini, strategi Pemerintahan Desa Borikamase dalam menurunkan angka stunting, di bawah kendali Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, ada dua strategi, pertama, intervensi spesifik dan intervensi sensitif.

Intervensi Spesifik ditujukan untuk mencegah dan mengatasi stunting secara langsung pada ibu hamil dan balita melalui pemberian zat besi, imunisasi, makanan tambahan, dan suplementasi zat gizi mikro (misalnya zat besi, seng, dan vitamin).

Sedangkan Intervensi Sensitif yang multi-sektoral untuk mengatasi permasalahan sosial ekonomi yang dapat berhubungan dengan peningkatan risiko stunting, seperti akses sanitasi dan air bersih, akses terhadap bantuan sosial, peningkatan ketahanan pangan dan peningkatan kesehatan remaja, tutup Ketua TP PKK Borikamase, Indrawati.

Kegiatan ini juga di hadiri Kepala Desa Borikamase, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Aswing, serta peserta Kader Posyandu Borikamase.(Mansur/Haris)

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Mansur/Syamsul Bakhri/H.Sakkar/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed