oleh

Tahun 2021, Pemdes Borimasunggu Fokus Pada Program Pengembangan Desa Digital

Maros, Berita Kota Online-Kepala Desa Borimasunggu, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Samsul Rijal, berkomitmen akan segera mengembangkan desa wisata yang sudah ada di wilayahnya, dan desa digital yang akan dicanangkan tahun 2021, bisa disinergikan dengan pembangunan nasional, agar target pembangunan yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik.

Kepala Desa Borimasunggu, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Samsul Rijal,

“Desa wisata dan desa digital harus bersinergi agar bisa lebih terfokus sesuai dengan target pembangunan,” ujar Kepala Desa Borimasunggu, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Samsul Rijal, saat ditemui wartawan.

Desa Borimasunggu, yang berada di Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, secara geografis, desa ini dikelilingi dengan lahan persawahan dan empang yang cukup luas dengan latar belakang ekonomi masyarakat yang bervariasi, seperti nelayan, petani, dan pekerja serabutan.

Pekerjaan yang tidak tetap warga desanya itu, membuat Kepala Desa Borimasunggu memiliki cita-cita kuat untuk memajukan desanya, dengan cara akan merealisasikan Desa Borimasunggu menjadi salah satu Desa yang berbasis digital di Indonesia.

Nantinya konsep digital yang ada di desa ini, akan mengadopsi konsep digital Desa Lamahu (Desa digital pertama di Indonesia) yang ada di Gorontalo, dengan sistem penerapan
command center sebagai pusat layanan bagi masyarakat desa.

Di Lamahu, Konsep command center
dibuat sebagai pusat pelayanan digital pemerintah desa yang memberi manfaat bagi Pemdes, dalam melayani kebutuhan masyarakatnya, ujar Rijal.

Mengapa menggunakan konsep
command center ? Karena layanan pada konsep ini sangat mudah, hanya dengan mengunggah aplikasi Panic Button di smartphone, kemudian memasukan nomor induk kependudukan, warga sudah bisa mengakses semua layanan yang disiapkan, mulai dari layanan keamanan, kesehatan serta pelayanan pengurusan berkas kependudukan dan perijinan, jual beli rumput laut, ikan, dan udang.

Jika program ini terlaksana pada tahun 2021 nanti, kami juga akan memberdayakan masyarakat Desa Borimasunggu, sebagai karyawan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), untuk mempromosikan semua jenis usaha melalui BUMDes Borimasunggu, di market place secara online, tutup Kepala Desa Borimasunggu, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Samsul Rijal.(Mansur/haris)

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Mansur/Syamsul Bakhri/H.Sakkar/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed