oleh

Pangdam Hasanuddin Dianugerahi Gelar Andi Sumangerukka Karaeng Tonang oleh Raja Gowa

Gowa, Beritakota Online – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E bersama Isteri Ny. Arinta Nila Hapsari Andi Sumangerukka berkunjung ke Istana Balla Lompoa Kab. Gowa Sulsel, Rabu (30/09).

Kedatangan Pangdam bersama rombongan disambut oleh Plh. Bupati Gowa Andi Aslam Patonangi, S.H., M.Si dan mengucapkan selamat datang kepada Panglima Kodam Hasanuddin beserta rombongan di Kabupaten Gowa .

Acara penyambutan Pangdam juga dilakukan dengan acara adat kerajaan diterima langsung oleh Raja Gowa ke-38 Sombaya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Deng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa ke-3 beserta permaisuri di Istana Balla Lompoa.

Adapun kehadiran Mayjen Andi Sumangerukka di Kabupaten Gowa dalam rangka penganugerahan gelar Karaeng dari keluarga besar kerajaan Gowa.

Andi Kumala Ijo mengatakan, pemberian gelar ini sepakat diberikan kepada Andi Sumangerukka karena merupakan keturunan Raja Bone, Raja Gowa dan Raja Barru. Bahkan setelah diurut dan diusut, Pangdam XIV/Hasanuddin ini tak lain adalah kemenakan dari Raja Gowa.

“Kami dari pemangku adat kerajaan Gowa telah sepakat untuk memberikan gelar kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E yang merupakan keturunan Raja Bone, Raja Gowa dan Raja Barru. Gelar tersebut adalah Andi Sumangerukka Karaeng Tonang”, jelas Andi Kumala Ijo.

Di kesempatan itu, Pangdam mengatakan, darah yang mengalir dari keturunan Bugis Makassar tidak lepas dari simbol Sirina Pacce. Simbol ini erat kaitannya dengan upaya menjaga diri dari berbagai perbuatan tercela, yang bisa mempermalukan diri dan keluarga.

“Mari sama-sama kita menjaga kerukunan dan silahturahmi kita. Bersama-sama dan bersatu memajukan daerah kita, bangsa dan negara kita”, tutur Mayjen Andi.

Di Balla Lompoa, Pangdam juga meninjau sejumlah benda pusaka kerajaan serta mengunjungi ziarah ke makam Sultan Hasanuddin dan Arung Palakka.(Pendam XIV Hsn)

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Saiful Dg Ngemba/Syamsul Bakhri/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed