oleh

Di Masa Pandemi PLN Sukses Selesaikan Pekerjaan HIS dan SUTT PLTU Barru Incomer Guna Tingkatkan Keandalan Listrik Pulau Sulawesi.

Makassar, Beritakota Online– PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi sukses melaksanakan pemberian tegangan pertama (energize) tanggal 31 Juli 2021 pada pekerjaan pembanguanan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV PLTU Barru Incomer dan peralatan Hybrid Insulated Switchgear (HIS) pekerjaan Pembangunan GI 150kV PLTU Barru (Extension). Guna meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Bagian Selatan. Jaringan transmisi ini terletak di Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

“Untuk menyelesaikan kedua pekerjaan ini, PLN menginvestasikan Rp 127 miliar dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 89%. Nilai investasinya lebih tinggi dari pembangunan Gardu Induk konvensional karena peralatan yang digunakan lebih compact dan berteknologi tinggi” pangkas Rahmat Nichol Fauzen Manager PLN Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sulawesi Selatan.

HIS merupakan jenis Gardu Induk yang menggunakan sistem Hybrid pada isolator di mana peralatan digunakan sedikit berbeda dengan Gardu Induk konvensional. HIS merupakan perpaduan sistem Gardu Induk antara konvensional dengan Gas Insulated Switchgear (GIS) yang memiliki keunggulan peralatan berteknologi tinggi dan penggunaan lahan yang lebih sempit.

Nichol menambahkan, “Sebagai pembanding pembangunan GI konvensional memerlukan lahan sebesar 3 Hektar lebih maka dengan HIS ini hanya memerlukan lahan kurang dari 1,5 Hektar, sehingga kita memanfaatkan sisa lahan yang ada dalam membangun HIS”.

SUTT 150kV PLTU Barru Incomer memiliki panjang jaringan 10.44 kms dangan jumlah menara sebanyak 10 TIP. SUTT ini akan menghubungkan PLTU Sulsel Barru-2 dengan sistem existing melalui rekonfigurasi jaringan SUTT 150kV Sidrap – Maros yang telah ada sebelumnya tanpa melakukan pemadaman pada pekerjaanya. Hal ini merupakan upaya agar masyarakat tidak mengalami penurunan kualitas layanan meski sedang melaksanakan pekerjaan.

“Dengan beroperasinya HIS GI 150kV PLTU Barru (Extension) dan SUTT 150kV PLTU Barru Incomer kedepannya akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Pulau Sulawesi, khususnya sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan.” tutur Nichol.

Energize pekerjaan pembangunan HIS dan SUTT ini memberikan suplai daya kepada PLTU Sulsel Barru-2 berkapasitas 100MW untuk melaksanakan tahap backfeeding atau penerimaan tegangan (daya) dari jaringan guna mengecek kesiapan peralatan berupa pengujian sistem (commissioning) sebelum pembangkit beroperasi.

HIS GI 150kV PLTU Barru (Extension), SUTT 150kV PLTU Barru Incomer dan PLTU Sulsel Barru-2 (100MW) merupakan 3 Proyek Strategis Nasional (PSN) pada bidang kelistrikan yang masuk dalam proyek prioritas PLN pada tahun 2021.

“Meski dalam keterbatasan situasi pandemi saat ini PLN UIP Sulawesi tetap berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan PLTU Sulsel Barru-2 (100MW) sesuai dengan target, tentu dengan tetap melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat.” sambung Nichol.

PLN UIP Sulawesi telah mengeluarkan instruksi kerja yang jelas untuk unit pelaksana proyek (UPP) dan rekanan yang mengerjakan pekerjaan di lapangan agar pekerjaan tetap berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan para personil tetap dalam kondisi sehat.

“Sebagai tindak lanjut pencegahan penyebaran Covid-19 serta mengawasi pekerja agar tetap konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku maka di setiap lokasi pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di PLN UIP Sulawesi membentuk Gugus Tugas Covid-19,” Terang Nichol.

PLN akan senantiasa mendukung pertumbuhan ekonomi meski ditengah pandemi yang ada dengan mempersiapkan tambahan cadangan daya 100 MW yang akan di suplai oleh PLTU Sulsel Barru-2 pada Tahun 2022.
(Humas PLN UIP Sulawesi)

Laporan : Andi Eka
Editor : A.A Rakhmansya/Saiful Dg Ngemba/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed