oleh

Kapolda Sulsel Menilai Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Online, Bentuk Komitmen Kapolri Menjawab Berbagai Tantangan Zaman

BERITA KOTA ONLINE.COM, MAKASSAR — Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menilai berbagai Inovasi Pelayanan Publik berbasis Online merupakan bentuk komitmen Kapolri menjawab berbagai tantangan Zaman yang semakin Modern.

“Hal ini merupakan komitmen Polri menjawab berbagai tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat untuk mengakses layanan kepolisian dengan mudah, murah, dan tentu saja modern,” ujarnya.

“Sehingga, masyarakat yang dulunya kadang merasa berjarak dengan polisi, atau pelayanan yang biasanya terhambat runyamnya urusan adiministrasi, tak perlu lagi berulang rumit. Selain itu, gebrakan yang dilakukan Kapolri agar publik kita merasa diayomi dengan prima oleh para anggota polisi dari level pusat hingga daerah,” tambahnya.

Lanjutnya, potret seratus hari kerja setelah dilantik menjadi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo (LSP) telah banyak melakukan percepatan dalam merenovasi kultur kerja di tempat pengabdiannya, termasuk sukses meluncurkan banyak aplikasi memudahkan pelayanan kepolisian untuk masyarakat.

“Semuanya dipastikan dapat diakses secara online, seperti aplikasi layanan publik berbasis teknologi informasi, aplikasi tilang elektronik, pembuatan SIM online, SKCK online, hingga pelayanan SPKT pelayanan masyarakat dan aduan secara online,” imbuhnya.

Merdisyam menjelaskan, peluncuran aplikasi dan pemanfaatan secara maksimal teknologi digital memang jadi bagian dari program Kapolri yang harus siap dalam seratus hari sejak menjadi Kapolri.

“Kata kuncinya “PRESISI” (Prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan)”, ucapnya.

Kata dia, tidak hanya itu banyaknya apresiasi kepada Kapolri karena adanya kumpulan ide, kebulatan tekad, inovasi, dan semangat yang berapi-api, serta adanya dukungan lintas profesi.

“Dan karena itu Jenderal Sigit mendapat banyak apresiasi, terbukti telah melakukan percepatan dalam merenovasi kultur kerja di tempat pengabdiannya. Polri mulai dimodernisasi secara cepat,” tambahnya.

Lebih jauh Merdisyam menjelaskan. Kapolri beserta jajarannya saat ini sedang fokus untuk membangun program positif dengan segala usaha strategi baru.

Hal itu kata Merdisyam, sebagai kontribusi Polri dalam mencipta program inovasi pelayanan dan peningkatan Kamtibmas, sehingga ada efek yang baik dari program yang sedang dijalankan Polri.

“Tentu saja, semua yang sedang dilakukan institusi Polri tersebut tak bisa dilepaskan dari peran serta masyarakat. Kerja sama menciptakan kemanan dan ketertiban masyarakat tetap merupakan tanggung jawab seluruh pihak”.

Selain itu “Kepolisian dan masyarakat memang sudah seharusnya berkolaborasi dalam menjaga keamanan negeri. Kepolisian dan masyarakat lebih tepat bekerja bareng dan saling menghormati.,” Kunci Kapolda

Sementara itu ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E.Zulpan, mengatakan dalam upaya meningkatkan pelayanan yang optimal sekaligus memperbaiki kinerja kepolisian. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meluncurkan berbagai macam aplikasi dalam 100 hari kerjanya.

“Peluncuran program itu merupakan komitmen Polri dalam rangka menghadirkan pelayanan kepolisian yang semakin modern, prima, dan menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan perubahan dan perkembangan sosial dan budaya masyarakat,” pungkas E. Zulpan Kabid Humas Polda Sulsel (*)

Editor : Syamsul Bakhri As / Uly / Syaiful Dg Ngemba / H. Sakkar / A. AR. Rakhmansya Iskandar / Andi Ahmad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed