oleh

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Layang Pettarani Makassar Senilai Rp 1,6 Triliun Hari Ini

Makassar, Berita Kota Online-Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan tol layang Pettarani Makassar, Kamis (18/3/2021) hari ini. Proyek bernilai Rp1,6 triliun tersebut telah rampung 100% sejak awal Maret.

Tol layang Pettarani adalah salah satu proyek infrastruktur paling prestisius di era Jokowi di luar Pulau Jawa. Proyek ini rampung dengan masa pengerjaan kurang lebih dua tahun.

Lantas kapan tol Mamminasata menyusul?

Pemerintah memproyeksikan tol Mamminasata dimulai pada kuartal IV 2021. Tol Mamminasata masuk dalam rencana prioritas bersama 11 jalur tol lainnya di Pulau Jawa.

Dari proyeksi, dua tol akan dimulai di kuartal 1. Lalu 7 tol di kuartal 3 dan tiga tol di kuartal 4.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian beberapa waktu lalu mengatakan tol Mamminasata akan memenuhi target konektivitas antaribu kota provinsi (Makassar) dengan dua wilayah penyangga (Maros, Gowa dan Takalar). Dengan konektivitas itu waktu tempuh antarwilayah akan semakin singkat.

Makassar-Takalar diperkirakan hanya akan ditempuh 10 menit. Dengan asumsi kecepatan perjalanan bisa mencapai 100 kilometer per 1,5 jam.

“Itu target konektivitas tol. Waktu tempuh ideal 1,5 jam per 100 kilometer. Dengan demikian akan terwujud efisiensi waktu yang mendorong percepatan pada sektor ekonomi,” terang Hedy.

Hedy Rahadian mengatakan, sebagian besar rencana pembangunan tol yang ditargetkan akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

“Sudah kami susun rencananya dan backbone jalan bebas hambatan ini yang sebagian besar akan dilakukan menggunakan KPBU jadi akan menjadi jalan tol. Jadi ini kami sampaikan rencana program jalan tol kita dalam rencana kami adalah 18,8 ribu kilometer,” ungkap Hedy.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D Heripoerwanto, menyebutkan, tol Mamminasata akan dimulai akhir 2021 bersama tol Cikunir-Karawaci dan tol Cikunir-Ulujami.

“12 ini menjadi prioritas 2021. Panjang keseluruhan mencapai 18 ribu km lebih,” jelasnya.

Di kuartal 1 ada Tol Yogyakarta dan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacapn. Di kuartal III-2021 masing masing Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg, Tol Bogor-Serpong via Parung, Tol Semanan-Balaraja, Tol Akses Patimban, Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, Tol Semarang Harbour dan Tol Gilimanuk-Mengwi.

Editor : Andi Eka/A.AR Rakhmansya/Syamsul Bakhri /Mansur/Saiful Dg Ngemba/Asrat Tella/Andi A Effendy
Sumber : Pedoman Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed