oleh

Canangkan Zona Integritas, BPN Wajo Terapkan Layanan Antar Sertifikat Tanah Langsung Ke Rumah Warga Dimasa Pandemi Covid 19

Sengkang, Beritakota Online-Situasi Dimasa Pandemi Covid 19 saat ini, Kantor Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan menerapkan layanan antar langsung Sertifikat Tanah ke Rumah Warga.

Hal ini dilakukan sebagai bagian inovasi dalam rangka mewujudkan pembangunan zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang telah dicanangkan BPN Kab. Wajo beberapa waktu lalu.

Kepala Tata Usaha Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Wajo, Abd. Salam mengatakan Program Layanan Antar Langsung Sertifikat Tanah kepada masyarakat adalah salah satu wujud komitmen menciptakan Birokrasi Bersih khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang baik, efektif dan efisien di Bumi Pengrajin Sutra tersebut.

“Sertifikat yang sudah selesai, itu kita antarkan langsung ke pemohon, jadi tidak perlu mereka datang ke kantor, sertifikat mereka kami antarkan ke rumah, walaupun tetap ada yang datang ke kantor juga untuk mengambil sertifikatnya”. Ungkap Abd. Salam kepada Berita Kota Online di ruang kerjanya, Kamis (08/10/2020).

Abd. Salam menambahkan sejauh ini Progres pemenuhan indikator syarat memperoleh predikat Zona Integritas menuju WBK dan WBBM sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menurut Abd. Salam sisa di aspek penilaian Tim Pusat Nasional.

“Dan untuk saat ini Alhamdulillah kalo di zona untuk integritas sendiri, kan ada tahapan untuk menilai keseluruhan pelayanan itu, dan kami sudah tahapan 1, sisa ini adalah tahapan dari eksternal atau tim penilai pusat terkait zona integritas ini”, kata Abd. Salam saat diwawancarai Berita Kota Online.

Lebih jauh Abd. Salam menjelaskan bahwa Deklarasi Pencanangan Zona Integritas oleh BPN Kabupaten Wajo sudah dilakukan sejak Juni 2020 lalu. Menurutnya BPN Wajo merupakan satu satunya instansi di Kabupaten Wajo yang mendapatkan kepercyaaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama Kabupaten lainnya untuk dinilai Tim Penilai Nasional terkait predikat Zona Integritas

“Untuk tahun ini di Sulsel ada beberapa kabupaten yang diusulkan untuk mendapatkan Zona Integritas dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, untuk BPN sendiri Wajo salah satu kabupaten yang diusulkan. Dan kami sudah deklarasi pada bulan 6 terkait pencanangan zona integritas ini”, Jelasnya..

Hingga kini seluruh pimpinan dan jajaran pegawai dilingkup kantor BPN Kabupaten Wajo tengah mempersiapkan diri menghadapi Penilaian external oleh Tim Penilai Pusat.

Seluruh komponen yang menjadi indikator untuk menciptakan sistem penyelenggaraan Pemerintahan Bersih dan Bebas KKN serta terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik kepada masyarakat terus di tata dan dibenahi termasuk sistem pelayanan secara Online demi tercapainya target Zona Integritas Di BPN Kab Wajo yang diharapkan.

“Banyak hal yang sudah kita lakukan terkait zona integritas ini, itu bisa kita saksikan sendiri terkait pelayanan yang ada di loket. Sekarang ini pelayanan di loket kami menggunakan sistem pelayanan yang Mudah, Cepat dan Murah dengan tidak ada gratifikasi dan tidak ada korupsi di dalamnya”, tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed