oleh

Karo Dalpers SSDM Polri Brigjen Nurworo Danang : Putra Ferdy Sambo Lolos Akpol Sesuai Kapasitasnya

>

Jakarta, Beritakota Online – Tribata Putra Sambo lolos seleksi calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) 2023. Polri pun memberikan penjelasan perihal lolosnya putra Ferdi Sambo tersebut.

“Iya benar masuk Akpol sesuai kapasitasnya,” ujar Kepala Biro Pengendalian Personel (Karo Dalpers) SSDM Polri Brigjen Nurworo Danang dikutip dari detikNews, Belum lama ini .

Putra Sambo menjadi salah satu dari 300 peserta yang lolos tahapan seleksi. Anak kedua dari mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi itu melewati semua tahapan seleksi dan memenuhi syarat.

“Semua memiliki kesempatan yang sama atau equality,” ucap Danang.

Danang memaparkan tahapan seleksi masuk Akpol mulai dari pendaftaran, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan psikologi, pemeriksaan mental dan kepribadian, tes akademik, tes jasmani hingga pemeriksaan penampilan baik yang dilakukan di Tingkat Panitia Daerah (Polda) maupun Tingkat Pusat (Mabes Polri).

Ia menjelaskan tahun ini seleksi SSDM Polri juga menggandeng Densus 88 Antiteror Polri untuk mendeteksi catar Akpol yang mempunyai paham radikal atau intoleran.

“Taruna Akpol setelah lulus menjadi perwira Polri yang mempunyai tupoksi (tugas pokok dan fungsi-red) sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, serta aparat penegak hukum sehingga mereka harus mempunyai paham ideologi Pancasila,” jelas Danang.

Untuk tahun ini, SSDM Polri juga menggandeng sejumlah pengawas eksternal seperti Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kompolnas, Ombudsman, hingga sejumlah LSM.

“Untuk mengawasi dan memastikan bahwa proses seleksi catar Akpol benar-benar bersih, transparan dan akuntabel sebagaimana prinsip BETAH dalam penerimaan catar Akpol 2023,” ujar Danang.

Editor : Andi Eka/Andi A Effendy

Sumber : detikcom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed