oleh

Dukung 100 hari Kinerja Kapolri, Jajaran Satbrimob Polda Sulsel Gelar Latihan Praktek SAR Gabungan di Arena Dayung Tanjung Bunga

BERITA KOTA ONLINE.COM, MAKASSAR – Bertempat di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel berlangsung acara pembukaan Latihan Search And Rescue (SAR) Gabungan pencarian dan pertolongan dalam rangka mendukung program 100 hari Kapolri. Acara ini dibuka secara langsung oleh Dir Polair Kombes Pol. Supeno, S.I.K. Selasa, (24/03/2021).

Upacara pembukaan Latihan gabungan tersebut dimulai pada Selasa pagi pukul 08.00 WIB dengan melibatkan Personel Batalyon A Pelopor, Prajurit Batalyon Kavaleri, Prajurit Yonmarharlan VI Makassar, Prajurit Batalyon 466 Paskhas, Personel Ditpolair, Personel Sabhara Polda Sulsel dan Basarnas Provinsi Sulsel.

Kegiatan latihan SAR gabungan TNI Polri dan Basarnas ini akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 24 s/d 25 Maret 2021.

Ditemui usai pelaksanaan upacara pembukaan latihan bersama ini, Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKBP Darminto menyampaikan bahwa kegiatan latihan SAR gabungan ini adalah untuk menyatukan visi misi dan kerja sama dari beberapa potensi SAR baik dari TNI Polri maupun Basarnas.

“Dalam latihan kali ini kami melibatkan unsur TNI Polri Basarnas, hal itu bertujuan untuk menyatukan visi misi antara beberapa potensi SAR yang ada di Kota Makassar,” ujar Darminto.

“Selain itu tujuan diadakan kegiatan latihan bersama ini adalah sebagai upaya peningkatan kemampuan anggota TNI/POLRI dalam bidang SAR dan bentuk nyata sinergitas TNI/POLRI dan BASARNAS Agar makin solid di lapangan nantinya,” tambah Darminto.

Darminto juga mengatakan latihan ini adalah salah satu program prioritas Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, yakni peningkatan sinergitas TNI-Polri dengan menggelar latihan peningkatan kemampuan bersama prajurit TNI dan Instansi lainnya.

Darminto membeberkan pelaksanaan Latihan terbagi kedalam 2 tahap yang mana di fokuskan Untuk Water Rescue dan kemampuan dapur lapangan, tahap pertama pembekalan teori yang bertempat di Mako Batalyon A Pelopor dan tahap kedua Praktek Lapangan yang dilaksanakan di Arena Dayung Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar.

” Dalam pelaksanaan latihan nantinya akan dibagi dalam 2 tahap yang difokuskan pada water rescue dan kemampuan dapur lapangan, tahap pertama dilaksanakan teori yang akan dibawakan oleh masing masing potensi SAR dan tahap kedua yaitu dengan melaksanakan praktek di Arena Dayung Tanjung Bunga ” Kata Darminto.

” Untuk materi dapur lapangan sendiri kami sengaja datangkan Chef Lucky Suherman yang merupakan ketua Indonesian Chef Associon dan Komunutas Pelaku Kuliner, nantinya beliau akan mengajarkan cara memasak dalam jumlah banyak” Pungkas Darminto.

Dengan latihan tersebut, Darminto berharap personel TNI-Polri di Kota Makassar setidaknya sudah mengerti tugas dan langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana untuk mencegah adanya korban.

“Jadi jangan sampai nanti terjadi kesalahan pada saat melakukan upaya-upaya SAR,” Tutup Darminto.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S.,S.I.K.,M.Si. mengatakan kegiatan ini dalam rangka mendukung seluruh program Kapolri yang telah disampaikan beberapa waktu lalu utama menyangkut sinergitas dengan TNI dan instansi terkait lainnya.

“ Dalam Program Prioritas Kapolri, kami Satbrimob Polda Sulsel mendukung seluruh program Kapolri yang telah disampaikan beberapa waktu lalu utama menyangkut sinergitas dengan TNI dan instansi terkait lainnya. Jadi untuk mewujudkannya kami memulai dengan kegiatan latihan bersama dengan prajurit dari TNI dan Basarnas,” pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis. (arya)

Editor : Andi Eka / Robin / Asrat Tella / Syamsul Bakhri As / Syaiful Dg Ngemba / A. AR. Rakhmansya Iskandar / Andi Ahmad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed