oleh

Rangkul Tokoh Masyarakat, Kapolsek Tallo Kompol Dr. H. Saharuddin, Bisa Redam Perkelahian Kelompok Diwilayahnya

>

Makassar,Beritakota Online- Bila selama ini wilayah hukum Polsek Tallo Poltabes Makassar terbilang wilayah rawan perkelahian a kelompok. Kini, setelah Polsek Tallo dibawah komando Kompol Dr. H. Saharuddin, SH.,MM suasana berobah drastis.

Kompol Dr. H. Saharuddin berhasil meredam perkelahian kelompok tersebut menggunakan  pola pendekatan kekeluargaan dengan segenap elemen masyarakat di wilayah hukum Polsek Tallo.

Langkah-langkah jitu yang dilakukan Kompol Dr. H Saharuddin dalam meredam perkelahian kelompok di wilayah hukum Polsek Tallo Poltabes Makassar terbilang sangat ampuh.

Terbukti, situasi dan kondisi wilayah Hukum Polsek Tallo Poltabes Makassar selama dalam kurun waktu 3 minggu pertama Kompol Dr. H. Saharuddin menjabat sebagai  Kapolsek Tallo sering terjadi perkelahian kelompok di beberapa tempat seperti di Jl. Kandea 3, Lembo, Cappoa, Tallo, dan Pace’lang, sehingga menimbulkan keresahan ditengah   masyarakat.  Namun dalam kejadian tersebut tidak terdapat adanya korban jiwa, seperti dilansir teropongbulusaraung.

Kegiatan dan langkah – langkah yang dilakukan pihak Polsek Tallo  dibawah komando Kompol Dr. H.  Saharuddin untuk mencegah terjadinya perkelahian kelompok antara lain;

– Perkelahian kelompok antara Jl. Permandian dengan pemuda Tallo.  Kapolsek tallo telah melakukan upaya perdamaian yang dilaksanakan dirumah H. Asri diJl. St. Abdullah dengan menghadirkan kedua kelompok yang bertikai seperti Lk. Decol dan kelompok Lk. H. Lolo, yang mana saat itu kedua kelompok siap berdamai dan bahkan ada penyerahan barang bukti berupa busur dan parang,  disaksikan oleh  Lurah  Buloa dan Lurah Kalukubodoa serta ibu Hj. Asriani  (Anggota DPRD kota Makassar dari partai PKS )

Selanjutnya seminggu pasca perdamaian antara Jl. Perdamaian  dengan anak Tallo,  kemudian Kapolrestabes Makassar melakukan Bakti sosial di Jl. Permandian I dan membagikan paket sembako kepada warga Jl. Permandian .

Perkelahian kelompok antara anak Cappoa dengan anak Pace’lang,  Kapolsek Tallo Kompol Dr. H. Saharuddin telah melakukan pertemuan dengan tokoh – tokoh masyarakat kelurahan panampu bertempat di Baruga Kantor Lurah Panampu  Telah dilakukan pertemuan di rumah H. Bur Rahim sebanyak 2 kali antara pihak Polsek Tallo dengan beberapa tokoh masyarakat Panampu /Cappoa.  Telah dilakukan pertemuan di Rumah H. Sultan Jl. Indah Raya antara  Kapolsek Tallo dengan beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama Kel.urahan Panampu, serta telah dilakukan pertemuan di Warkop Bang Joni Jl. Teuku Umar dengan menghadirkan beberapa tokoh masyarakat yang bertikai seperti Cappoa, Pace’lang, Tallo dan Cambaya,.   Pada  pertemuan tersebut telah dibuat Nota kesepakatan damai yang ditandatangani  masing-masing tokoh masyarakat, RT RW ,  kelompok yang bertikai dan disaksikan oleh Kapolsek Tallo dan jajarannya, kanit Reskrim Polsek Ujung Tanah, Babinkamtibmas Cambaya Polsek Ujung Tanah.

Perkelahian kelompok antara Lembo dengan Layang. Telah dilakukan pertemuan di Jl. Kandea 3 dan mempertemukan remaja dari lembo dan remaja dari layang.

Perkelahian kelompok antara Lr. 142 dengan Lr. 148 Jl. kandea 3 kelurahan Bunga eja beru. Telah dilakukan pertemuan di Jl. Kandea 3 Lr. 148  dengan  menghadirkan kelompok yang bertikai yakni anak lr. 142 dan anak lr. 148 Jl. Kandea 3 Kelurahan Bunga Eja beru  Kecamatan Tallo. Kedua kelompok sepakat untuk damai dan tidak terulang kembali karena kalau terjadi tawuran tidak ada pihak yang diuntungkan,  namun hanya membawa kerugian materil.

Dalam kasus perkelahian kelompok tersebut Polsek Tallo telah mengamankan  beberapa orang yang diduga sebagai otak pelaku  yaitu ; Lk. Decol ( kelompok Tallo), Lk. Arjun ( kelompok Tallo) serta Lk. Aan ( Kelompok Cappoa).

Setelah mendamaikan beberapa kelompok yang sering melakukan Perkelahian kelompok, Kapolsek Tallo Kompol Dr. H. Sarauddin pun melakukan Safari kamtibmas bersama  unsur Tripika Tallo seperti Danramil Tallo  serta  Camat Tallo  guna mendengar dan memberi pengarahan kepada warga masyarakat agar berperan serta memelihara keamanan di lingkungan sekitar.

Adapun kunjungan Safari Kamtibmas yang telah dilakukan yaitu : di Kelurahan Rappokaling, Kelurahan Walawalaya, Kelurahan Panampu, Kelurahan Bunga eja beru, Kelurahan Suangga, Kelurahan Lakkang, Kelurahan  Rappojawa serta Kelurahan  Tammua.

Secara umum sudah bertemu dengan lurah dan  tokoh-tokoh masyarakat pada  15 kelurahan yang ada di wilayah hukum Polsek Tallo  Poltabes Makassar.

Selanjutnya Kapolsek Tallo Kompol Dr. Saharuddin, juga melakukan Safari Kamtibmas di beberapa Mesjid pada hari Jumat, adapun mesjid yang telah dikunjungi yaitu;  Mesjid Jami Jl. Rappokaling Raya Kelurahan  Rappokaling Kecamatan  Tallo, Mesjid Babut Taubah Jl. Indah Raya Kelurahan  Panampu Kecamatan Tallo, Mesjid Awaluddin Jl. St. Abdullah Kelurahan  Tallo, Mesjid Syura Jl. Ar. Hakim Kelurahan Ujung Pandang Baru.

Setelah dilakukan beberapa langkah perdamaian terhadap kelompok-kelompok yang bertikai serta beberapa kegiatan safari kamtibmas bersama unsur Tripika Tallo sehingga kondisi keamanan  khususnya perkelahian kelompok di wilayah Hukum Polsek Tallo mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Sementara dalam upaya menciptakan Kamtibmas yang kondusif di wilayah Tallo,  Kapolsek Tallo Poltabes Makassar Kompoll Dr. H. Saharuddin memerintahkan kepada Babinkambtibmas agar aktif dan on time 24 jam di wilayah masing-masing, Unit patroli yang tergabung (Sabhara, piket fungsi) melakukan patroli rutin dan stanby di titik –  titik yang dianggap rawan terjadinya perkelahian kelompok dan unit intelkam, mereka  melakukan deteksi dan penggalangan terhadap tokoh masyarakat, pemuda yang wilayahnya terjadi perkelahian kelompok.

Sejumlah elemen masyarakat Kecamatan Tallo Kota Makassar sangat mengaprsiasi langkah  dan upaya yang dilakukan Kapolsek Tallo Kompol Dr. H. Saharuddin.

“Sebagai masyarakat cinta damai, wajar mengikuti pertunjuk dan arahan Kapolsek Tallo, Kompol Dr. Saharuddin yang terbilang sosok perwira  tangguh yang benar-benar memahami apa maunya masyarakat,” tandas sejumlah masyarakat Kecamatan Tallo  Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. ( Humas Polsek Tallo)

Editor : Andi Eka/Robin/Asrat Tella/Syamsul Bakhri/Saiful Dg Ngemba/Andi A Effendy
.
.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *