16 September 2019

Kakanwil Serahkan 304 SK CPNS Kemenag Sulsel Tahap Pertama.

21 - Mei - 2019 | 20:06 | by: admin
Kakanwil Serahkan 304 SK CPNS Kemenag Sulsel Tahap Pertama.

Makassar, Beritakota Online-Tegang, Gembira, Senang, Haru bahkan tak sedikit sampai menitikkan air Mata tampak menghiasi Raut Wajah 304 Orang Penerima Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) di Lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sulsel. Tak terkecuali Sanak Keluarga para CPNS yang juga hadir secara langsung menyaksikan prosesi penyerahannya.

Bagaimana tidak, setelah melalui proses yang sangat panjang dan melelahkan mulai dari pendaftaran, seleksi Kompetensi, CAT, Wawancara bahkan test Praktek Kerja yang dimulai sejak Bulan September tahun 2018, dan baru pada hari ini (Selasa, 21 Mei 2019) hasil Perjuangan berupa Selembar Kertas berharga dari Negara yakni SK CPNS diterima.

Menurut Panitia Penyelenggara Pengadaan CPNS Kanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Abdul Wahid Yang juga Kabag TU Kanwil menyebutkan bahwa Peserta yang terdaftar di seleksi CPNS di Kanwil kemenag Prov. Sulsel tahun 2018 sebanyak 11.237 orang yang terdistribusi dalam 31 jenis formasi yang tersedia. Lalu yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya tersisa 1534 orang.

Kelulusan Peserta CPNS selanjutnya ditentukan oleh akumulasi Nilai SKD (CAT) dan Nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari Psikotest, Wawancara , dan Nilai Praktek Kerja, dan yang dinyatakan Lulus sebanyak 735 Orang (530 untuk Umum dan 219 untuk honorer) yang selanjutnya melakukan pemberkasan untuk mendapatkan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN)

Hari ini sebanyak 304 Orang yang telah mendapatkan persetujuan tekhnis dari BKN akan menerima SK CPNS dan SK yang ditandatangani oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, dan Sisanya yang 431 orang akan menyusul kemudian termasuk didalamnya Formasi Honorer (K2), Lapr Abdul Wahid dihadapan kakanwil saat Acara Pembekalan dan Penyerahan SK CPNS 2018 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan dilangsungkan di halaman Upacara Kanwil Kemenag Sulsel Jalan Nuri. No. 53 Makassar Pagi Tadi (Selasa, 21 Mei 2019)

Acara ini dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar didampingi oleh Pejabat Eselon III dan IV di Lingkup Kanwil, termasuk Kepala Kantor dan Kasubag TU Kemenag Kab./Kota se Sulsel.

Di Acara Tersebut Seluruh Penerima SK CPNS Kemenag mengucapkan 5 Nilai Budaya Kerja Kemenag RI dan menantangani Pakta Integritas yang isinya berupa janji dan sumpah Setia dan taat pada Pancasila dan UUD 1945, Senantiasa menganut faham keagamaan yang moderat dan berdiri diatas semua golongan, Bersedia mematuhi segala aturan yang ditetapkan oleh Negara, Tidak melakukan pelanggaran disiplin PNS, Menjaga Rahasia Jabatan dan Rahasia Negara, Setia dan bertanggung jawab atas tugas yang diamanahkan oleh Negara, Bebas dari praktek KKN dalam menjalankan tugas dan bersedia Ditempatkan dimana saja dan tidak akan mengajukan permohonan pindah sebelum Aktif melaksankan tugas selama 10 tahun.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar di awal Sambutan dan Arahannya merekomendasikan bahkan mewajibkan kepada Seluruh ASN Kemenag membaca PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN dan KMA 492 tahun 2003 tentang pendelegasian wewenang ASN, karena ini merupakan bacaan dan panduan dasar setiap Aparatur Negara khususnya di institusi Kemenag, Patuhi dan Taati Aturan itu, dan jangan coba coba dilanggar, Jelas kakanwil.

Kakanwil juga menegaskan agar setiap ASN Kementerian Agama wajib mematuhi dan mengaplikasikan 5 Nilai Budaya Kerja, bukan sekedar dijadikan symbol atau hafalan gerak semata tapi lebih kepada pengaktualisasiannya dalam melaksanakan tugas dan kehidupan keseharian kita selaku ASN Kemenag.

Menjadi ASN di Kementerian Agama itu Bebannya berat, baik secara Moral maupun social, olehnya itu mulai sekarang Bekali diri dengan Pengetahuan Agama minimal pengetahun dasarnya karena predikat anda saat ini adalah ASN atau Pegawai Kementerian Agama ,di mata masyarakat dan umat, Kita ini adalah pegawai yang tahu dan faham masalah agama meskipun sesungguhnya tidak seperti itu. Tapi selaku Abdi Negara dan Masyarakat kita harus siap setiap saat memberikan pelayanan, Sambung Anwar.

Yang lain kata kakanwil terkait Moderasi dalam Beragama, dimana setiap ASN Kemenag harus memposisikan diri tidak terlalu ekstrim Kanan (Radikal) tidak juga terlalu ekstrim Kiri (Liberal), kita harus berada di tengah tengah karena kita adalah Aparatur Kementerian bagi Semua Agama yang sepatutnya mengayomi dan menjadi perekat dikalangan umat di Negara Kesatuan Republik Indonesia, jangan justru sebaliknya.
Olehnya itu, saya Perintahkan kepada jajaran pejabat Kemenag di seluruh daerah Sulawesi Selatan untuk memantau aktifitas seluruh ASN kita, bilamana patut diduga terdapat aktifitas yg mengarah kepada prilaku yang kontra kepada NKRI dan Produk Hukumnya misalnya melarang dan tidak mau menghormat kepada bendera Merah Putih, menyatakan Pancasila dan UUD 45 sebagai Produk Kafir dan semacamnya, maka segera dilaporkan ke kami, untuk selanjutnya diproses sesuai aturan yang berlaku, Tegas Kakanwil.

Diakhir Sambutannya, Kakanwil mengucapkan Selamat Bergabung di Keluarga Besar Kementerian Agama Sulsel dan Selamat Melaksanakan Tugas di tempat kerjanya masing masing, Perbaiki Sikap, tetap Disiplin dan Jaga Nama baik Kementerian Agama, Harap Kakanwil. (*)

Editor : Syarida/H Sakkar/Andi A Effendy
Sumber : Humas Kemenag Sulsel


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Daerah,Hello Polisi,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Daerah

Kategori Hello Polisi

Kategori Nusantara