oleh

Dihadiri Pj Gubernur Jawa Timur, Peradi-SAI Resmi Gelar Rakernas V di Surabaya, DPC Makassar Kirim 53 Delegasi

>

 

DPC Peradi Makasar yang dipimpin Ketua , DR Syahrir Cakkari, SH,MH dengan membawa 53 Delegasi untuk hadiri Rakernas V tahun 2024 di Surabaya

Surabaya, Beritakota Online – Perhimpunan Advokat Indonesia – Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Kota Surabaya selama tiga hari, dibuka pada Jumat dan diakhiri pada Minggu, 9-11 Agustus 2024. Rakernas dihadiri sejumlah pejabat setempat, di antaranya Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono.

Rakernas Perasi-SAI V diawali dengan Seminar Nasional bertema Peran Artificial dalam Penegakan Hukum di Indonesia. Seminar dihadiri oleh tidak kurang dari 1.420 peserta yang merupakan pengurus dan anggota dari 55 DPC Peradi SAI di Indonesia.

Narasumber yang dihadirkan, yakni Panitera Mahkamah Agung Republik Indonesia, Heru Pramono; Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi, Heru Setiawan; perwakilan dari Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung RI, Jacop Hendrik Pattipeilohy; dan advisor pada Kantor Hukum SSEK, Michael S Carr.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Peradi-SAI Juniver Girsang menyatakan, organisasinya senantiasa menjadi organisasi advokat yang terdepan menyiapkan dan sekaligus merespon perkembangan teknologi informasi dan era Masyarakat 5.0.

“Peradi SAI Menyiapkan Anggotanya Siap Menggunakan Kecerdasan Buatan dalam Menjalankan Profesi Advokat,” katanya, Jumat, 9 Agustus 2024.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengarah Rakernas Tjia Siaw Jan dalam sambutannya menjelaskan, seminar nasional bertujuan membekali para advokat Peradi-SAI dengan wawasan seputar artificial intelligent atau kecerdasan buatan yang berkembang pesat dan merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindari lagi.

Berdasarkan konfirmasi yang telah diterima, dijadwalkan hadir dalam acara pembukaan Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto, Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. Hadir juga dalam kegiatan Rakernas, Ketua Dewan Penasihat, Hamdan Zoelva, Ketua Dewan Pengawas Denny Kailimang, dan Dewan Penasihat yang dihadiri Trimedya Pandjaitan.

Sekretaris Jenderal DPN Peradi menjelaskan Rakernas akan dibuka tepat jam 19:00 WIB. Dalam Rakernas ini akan dibahas tantangan organisasi, peningkatan program kerja organisasi serta pembahasan isu-isu strategis yang terkait prosesi advokat, termasuk perubahan UU Advokat dengan menerapkan sistem multi-bar.

Patra menambahkan, dalam Rakernas ini juga diluncurkan Buku Daftar Anggota Peradi SAI Tahun 2024, yang memuat identitas dan QR Code dari 9.427 anggota aktif.

Sementara Itu DPC Peradi Makasar yang dipimpin Ketua , DR Syahrir Cakkari, SH,MH dengan membawa 53 Delegasi untuk hadiri Rakernas V tahun 2024 di Surabaya ini.

Sementara, Ketua DPC Peradi SAI Makassar Syahrir Cakkari mengatakan, Rakernas V ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap organisasi (Peradi SAI), apa saja yang telah dan belum tercapai beserta kendala yang terdapat di lapangan dan memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.

Apalagi, kata Kudikal, Rakernas ini menjadi wadah untuk Pengurus DPN, DPD, DPC dan anggota Peradi SAI agar bersinergi untuk berbagi ilmu atau ide-ide baru, inisiatif dan strategi bertransformasi seiring dengan perkembangan dunia yang semakin pesat khususnya Artificial Intelligence (AI).

“Peradi SAI menginginkan agar anggotanya tetap beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tidak kalah bersaing menghadapi teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berkembang pesat,” kata Kudikal.

Lebih lanjut, Kudikal mengatakan, DPC Peradi SAI Makassar menginginkan agar Rakernas V ini bisa mengupas kerja-kerja kelembagaan kedepannya guna menentukan arah organisasi kedepan.

“Pada dasar kami selaku anggota di DPC Peradi SAI Makassar ingin integritas dan intelektualitas demi terwujud advokad yang profesional,” harapnya.

Laporan : Agus Salim Dari Surabaya

Editor : Andi Eka/Andi A Effendy

Sumber : viva.co.id/fajar.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *