oleh

Safety Riding Webinar Polresta Bandara Soekarno Hatta: Tertib Berlalu Lintas Selamatkan Anak Bangsa

>

Safety Riding Webinar Polresta Bandara Soekarno Hatta: Tertib Berlalu Lintas Selamatkan Anak Bangsa

Tangerang Bandara Soetta, Beritakota Online – Kasat Lantas Polresta Bandara Soekarno Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq tampil sebagai narasumber dalam Kegiatan Safety Riding Webinar yang dipancarkan dari Gudang DHL Express Soewarna Bandara Soekarno Hatta, Rabu 23 Agustus 2023.

Webinar tersebut mengangkat tema “Tertib Berlalu Lintas Selamatkan Anak Bangsa”. Pada kesempatan ini Kompol Bambang AS didampingi oleh Wakasat Lantas AKP Tugiyo, Kanit Kamsel Ipda Sumbodo, Kapolsubsektor Soewarna Ipda Zainul, Ps Kasubnit Kamsel Aipda Agung, dan Banit Kamsel Briptu Muhamat Setya Hevi.

“Safety riding dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pengendara terhadap segala kemungkinan yang terjadi selama berkendara,” kata Kompol Bambang AS dalam penguraian materinya.

Menurut Kompol Bambang AS, safety riding adalah perilaku yang bisa membantu untuk

menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, yang dilakukan dengan tata cara berkendara yang aman dan nyaman dengan menggunakan perlengkapan yang memungkinkan untuk digunakan pada saat berkendara.

 

“Pokok utama dari safety riding adalah mengutamakan keselamatan, bagi diri sendiri dan orang lain. Pengendara harus mengerti bahwa jalan raya adalah sebuah fasilitas umum yang digunakan bersama-sama sehingga mengetahui bahwa suatu kecerobohan dapat menyebabkan orang lain celaka bahkan meninggal dunia,” jelas Kompol Bambang AS.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Bambang AS juga menjelaskan bahwa hampir semua orang bisa mengendarai sepeda motor, tapi tak semua orang memahamai cara mengendarai sepeda motor dengan benar dan aman serta banyaknya kecelakaan yang melibatkan para pengendara roda dua ini.

Menurut Kompol Bambang AS, dalam berkendara perlu diketahui beberapa konsidi psikis yang dapat mengakibatkan kecelakaan, yakni marah, takut, sedih, cemas, depresi, dan ngantuk.

“Jika kondisi psikis seorang pengemudi sedang dalam keadaan yang tidak baik–baik saja, ada baiknya istirahat sejenak. Tenangkan pikiran, mangan, ngopi, udut, beresss,” selorohnya.

Selain itu, Kompol Bambang AS mengungkapkan rumus 4 Sehat 5 Selamat yang dapat menjadi pedoman dalam tertib berlalu-lintas:

1. Sehat jasmani dan rohani.

2. Sehat kendaraan.

3. Sehat budaya dalam berkendara.

4. Sehat sistem keselamatan.

5. Selamat melalui doa.

Terakhir, Kompol Bambang AS mengimbau kepada seluruh pengendara agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Dia menjelaskan rambu lalu lintas merupakan bagian dari petunjuk jalan yang memuat tanda peringatan, tanda arah, larangan, ataupun perintah.

“Rambu lalu lintas kerap ditemui di jalan yang bertujuan supaya orang yang melihat bisa mengetahui aturan pada jalan tersebut. Hal ini tentunya sudah diperhitungkan dengan baik yang berguna demi keselamatan pengemudi dan kenyamanan pengguna jalan lainnya. Namun, masih ada sebagain orang yang malah tidak mematuhinya,” katanya.

Setelah kegiatan, Kompol Bambang AS mengungkapkan webinar tersebut diikuti oleh seluruh karyawan DHL Express dari semua kantor di seluruh Indonesia. Dia mengaku baru pertama kali di Polresta Bandara Soekarno Hatta menjadi pembicara safety riding dengan audience dari seluruh penjuru Indonesia.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari ID VP Operation DHL Express Promod George. Kemudian diikuti presentasi dari narasumber, sesi tanya jawab, pemutaran video Safety Champion, hingga kesimpulan dan penutup.

Editor : Andi Eka/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *