oleh

Wakil Bupati Maros Ketua Kwarcab Pramuka Maros Ikut Berkemah di Jambore Ranting Mandai

Maros, Beritakotaonline-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Maros melaksanakan rangkaian Jambore Ranting (Jamran) yang dilaksanakan di 14 Kecamatan di Maros.

Kali ini, giliran Kwartir Ranting Mandai sebagai kecamatan kesembilan pelaksanaan Jamran.
Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Camat Mandai dan Lapangan Batangase Bontoa, diikuti 200-an peserta Pramuka Penggalang dari SD dan SMP se Mandai.

Upacara pengibaran bendera kegiatan, pemukulan gong dan penerbangan pesawat kartas menandai pembukaan kegiatan ini, Selasa 11 Oktober 2021.
Jamran Mandai ini dilaksanakan hingga Kamis 14 Oktober 2021.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Maros, Hj Suhartina Bohari mengatakan bahwa Pramuka identik dengan tantangan.
“Jambore Ranting adalah tantangan bagi Gerakan Pramuka untuk tetap melaksanakan kegiatan di situasi pandemi,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilakukan dengan berkomitmen untuk meningkatkan standar protokol kesehatan.
“Perkemahan sudah sangat dirindukan anak-anak. Sebisa mungkin saya tetap melaksanakan program kepramukaan, namun tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucap Wakil Bupati Maros .

Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Mandai Maros, Andi Mappellawa mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai jawaban atas tantangan Ketua Kwarcab Pramuka Maros.

“Bersama Lurah dan Kepala Desa, kami mendukung dan mengawal Jamran ini dan senantiasa memberikan dukungan pada kegiatan kepramukaan lainnya. Apalagi dalam Pramuka, Mandai dikenal sebagai ‘Sarang para Juara’, ” ucap Camat Mandai ini.
Dalam pembukaan Jamran Mandai dilakukan pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Maros , masa bakti 2021-2024.
Uniknya, dalam Jamran Mandai ini, Ketua Kwarcab Maros, Hj Suhartina Bohari ikut menginap di tenda, berkemah bersama peserta di area Jamran.
Ketua Kwarran Pramuka Mandai Maros, Hj Nuwahidah mengatakan, dalam Jambore Pramuka ini dilaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan kepramukaan, serta menumbuhkembangkan prinsip kemandirian.
“Kegiatan tersebut juga menumbuhkembangkan nasionalisme dan bela negara dengan mencintai budaya lokal, membangun karakter tunas tunas muda, serta mempererat persaudaraan antar-pramuka,” ujarnya.
Kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pentas seni, senam pagi, sosialisasi bela negara serta karnaval. Juga ada aeromodelling, halang rintang dan flying fox.
Pada malam ketiga diisi ramah tamah dan penyalaan api unggun serta membentuk rantai persaudaraan.

Dalam kesempatan ini lurah bontoa mandai menambahkan , bahwa selama kegiatan perkemahan di lapangan bola mandai terlaksana dengan baik , dan selaku lurah bontoa bersama TNI -Polri dalam hal ini Babinsa ,bhabinkamtibmas Thomas selama perkemahan tetap menjaga keamanan dengan baik dan lancar.(Syamsulbahkri.As)

Editor : Andi Eka/A.A Rakhmansya/H.Sakkar/Andi A Effend

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed