oleh

Terkendala Biaya BPJS, RSIA Amanat Bantu Ringankan Beban Pasien

BERITAKOTAONLINE.COM, MAKASSAR Fitriani (28) seorang Ibu Rumah Tangga warga jalan Cendrawasi Kec. Mamajang ini menangis terharu atas bantuan pihak pimpinan RSIA Amanat yang menanggulangi biaya denda BPJS sebesar Rp.3.190.860.

Ia mengaku saat itu tak punya uang untuk menutupi Iuran Premi dan Denda BPJS Mandiri saat hendak melakukan persalinan di RS Ibu dan Anak (RSIA) Amanat yang berlokasi jalan H. Bau Makassar, Selasa (06/7/2021) lalu.

Ibu Fitriani bersama Sang Buah Hatinya yang ke- 4 di Rumah Kostnya Jalan Cendrawasih, Jumat (09/7/2021)

“Saya berterima kasih sudah dibantu ibu dokter tanggulangi biaya denda saat itu,” ucap Fitriani kepada awak media, Jumat (09/7/2021).

Saat ini Fitriani bersama anak dan suaminya yang bekerja sebagai Karyawan di salah Hotel di Makassar ini sudah pulang di rumah kostnya yang berukuran 3×3 m2 di jalan Cendrawasih Makassar.

Pimpinan RSIA Amanat Dr. dr. Hj Nur Rakhmah, SP.OG (K), M.Kes saat ditemui awak media mengaku membantu pasiennya semata-mata merasa iba melihat kondisi ekonomi ibu Fitriani terlebih dimasa Pandemi Coviud-19 saat ini.

“Menurut data BPJS, iuran preminya harus diselesaikan terlebih dahulu Rp.1.294.000 dan tidak hanya itu menurut BPJS ada lagi dendanya yang harus segera diselesaikan sebesar Rp.3.190.860,” ungkap dr. Nur Rakhmah yang juga selaku Komisaris RSIA Amanat, Jumat (09/7/2021).

dr. Rakhmah menjelaskan saat itu Fitriani menjalani persalinan secara Caesar dan menempati peratawan kamar Kelas III sesuai haknya selama 3 hari.

Dr. dr. Hj Nur Rakhmah, SP.OG (K), M.Kes Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan saat ditemui awak media di Ruang Tamu RSIA Amanat Makassar, Jumat, (09/7/2021)

Ia berharap dengan pertolongan yang diberikan mampu meringankan beban ekonomi keluarga Fitriani dimasa pandemi dan memberikan himbauan agar Fitriani menjalani program Keluarga Berencana (KB).

“Adapun motor itu suaminya sendiri yang membawanya ke rumah sakit, kami tak ada masalah, karena saya semata-mata membantu menutupi dulu dari pada lewat waktu bisa masuk diumum itu biaya perkirakan Rp.16 juta kan kasihan, apalagi sudah malam,” pungkasnya.

Lanjutnya, sejauh ini pihak RSIA Amanat senantiasa kooperatif memberikan kelonggaran dalam masalah biaya terlebih lagi bagi masyarakat kurang mampu.

“Jadi sebaiknya warga jangan lupa membayar iuran BPJSnya karena kena denda nantinya, sejauh ini kami memberikan kebijakan biaya semampu kami, apalagi warga kurang mampu,” kata dr. Nur Rakhmah (Rahim/Arya).

Editor : Syamsul Bakhri As / Uly/ Syaiful Dg Ngemba / H. Sakkar / A. AR. Rakhmansya Iskandar / Andi Ahmad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed