oleh

Rekrutmen CPNS MA 2021: Dibutuhkan 1.540 Formasi Calon Hakim

 

BERITAKOTAONLINE.COM, JAKARTA —Mahkamah Agung (MA) RI membuka pendaftaran seleksi CPNS mengisi berbagai macam formasi jabatan. Mengacu Pengumuman No.01/Pansel-CPNS/MA/VI/2021 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2021, seleksi ini untuk mengisi formasi jabatan di Mahkamah Agung dan 4 lingkungan badan peradilan yang berada di bawahnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri PAN-RB No.723 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negera di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2021, dialokasikan sebanyak 3.337 formasi jabatan.

Memberikan kesempatan kepada WNI yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi CPNS Mahkamah Agung RI,” demikian bunyi Pengumuman Nomor: 01/Pansel-CPNS/MA/VI/2021 tentang Pelaksanaan Seleksi CPNS MA RI Tahun Anggaran 2021 tertanggal 30 Juni 2021 yang diteken Sekretaris MA Hasbi, selaku Ketua Panitia Pelaksana Seleksi.

Ada 4 jabatan yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS MA Tahun 2021 ini. Pertama, Analis Perkara Peradilan (Calon Hakim) sebanyak 1.540 formasi dengan kualifikasi pendidikan sarjana Hukum. Jabatan analis perkara peradilan dialokasikan untuk mengikuti seleksi Calon Hakim. Nantinya, bagi yang tidak lulus seleksi Calon Hakim, yang bersangkutan tetap dalam Jabatan Analis Perkara Peradilan.

Kedua, Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan dibutuhkan 303 formasi dengan kualifikasi pendidikan Sarjana Ekonomi/Sosial/Administrasi Negara/Pemerintahan/Kebijakan Publik. Kualifikasi Sarjana Sosial untuk jabatan Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan dikecualikan untuk program studi/jurusan Psikologi dan Kriminologi.

Ketiga, Pengelola Perkara dibutuhkan sebanyak 1.192 formasi dengan kualifikasi pendidikan D-III Administrasi. Tapi dikecualikan untuk program studi/jurusan Administrasi hotel/perhotelan, Administrasi Rekam Medik, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Administrasi Logistik, Administrasi Perekam Medis dan Kesehatan, Administrasi Kepelabuhan, Administrasi Perhubungan Udara dan Administrasi Pertanian.

Keempat, Pengelola Barang Milik Negara dibutuhkan sebanyak 302 formasi dengan kualifikasi pendidikan D-III Akuntansi/Manajemen Aset/Akuntansi Komputer/Administrasi Negara/Administrasi Publik. (Baca Juga: Rekrutmen CPNS Kejaksaan RI 2021: Ada Formasi untuk 1.000 Jaksa)

Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://sscasn.bkn.go.id mulai 30 Juni 2021 dan ditutup pada 21 Juli 2021. Pendaftaran dengan menggunakan NIK atau nomor KK. Pelamar juga diminta alamat surat elektronik (email) aktif; membuat password dan jawaban pengaman; dan mengunggah pas foto dan mengunggah KTP. Untuk masuk dalam portal pendaftaran itu menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Kemudian memilih instansi Mahkamah Agung serta mengisi formulir yang tersedia. Apabila syarat pendaftaran itu telah lengkap pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2021.

Selanjutnya, tahapan seleksi meliputi Seleksi Administrasi; Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan bobot 40 persen menggunakan Computer Assisted Test (CAT); Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60 persen. Lokasi pelaksanaan tahapan SKD berada di 35 wilayah. Lokasi pelaksanaan tahapan SKB akan diberitahukan lebih lanjut dengan pengumuman tersendiri melalui laman www.mahkamahagung.go.id dan cpns.mahkamahagung.go.id.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed