oleh

Sosialisasi Aplikasi Dapodik Versi 2021, 250 Operator Sekolah TK Ikut Workshop Sinkronisasi Data Dapodik

BERITA KOTA ONLINE. COM,  MAKASSAR – Dinas Pendidikan Kota Makassar menggelar kegiatan Workshop Validasi Data Lembaga PAUD DIKMAS yang berlangsung di Grand Town Hotel jalan Panakukang Makassar selama 3 hari sejak 17 hingga 19 Maret 2021.

Sebanyak 250 orang Operator Sekolah tingkat TK dalam lingkup Bidang PAUD DIKMAS Dinas Pendidikan Kota Makassar mengikuti kegiatan Workshop yang dibuka langsung oleh Plt Kadis Pendidikan Kota Makassar Nilma Palamba.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik Bidang Paud Dikmas Dinas Pendidikan Kota Makassar Syamsuddin M, S.Ag, M.Pd mengatakan kegiatan ini diselenggarakan 3 hari, peserta dibagi menjadi 3 sesi dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Seluruh peserta merupakan operator di sekolah TK masing masing mengikuti kegiatan mulai pagi pkl. 08.00 wita hingga pukul 16.00 wita sore,” ujar Syamsuddin Jumat,  (19/03/2021).

Workshop ini menurut Syamsuddin yang juga selaku Ketua Panitia mengatakan. kegiatan ini terkait dengan Aplikasi Data Dapodik Versi Terbaru 2021 yang akan diterapkan sekaligus memperbaiki sistem PPDB yang selama ini masih bermasalah ditingkat operator.

“karena covid 19 ini kegiatan kita bagi dalam tiga sesi, hari pertama 90 orang peserta, hari kedua 80 orang peserta dan hari ketiga 80 orang peserta. Kita inginkan seluruh operator dapat mengikuti seluruh tahapan materi ini,” ucapnya.

Adapun materi dan narasumber kegiatan Workshop ini menurut Syamsuddin berasal dari Dinas Catatan Sipil, Pemateri Dari Walikota Makassar dan juga pemateri dari Tim Internal Disdik Kota Makassar.

Adapun Materi disebutkan Syamsuddin antara lain Sinkronisasi Dapodik PAUD Dikmas dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (NIK) yang dibawakan oleh Helmi Saleh dari Operator Disdukcapil Kota Makassar,

Selain itu Materi Sinkronisasi Aplikasi Terbaru Validasi Data Dapodik PAUD Dikmas yang dibawakan oleh Tim operator Dapodik Disdik Kota Makassar dan Materi yang dibawakan oleh Tim Pemerintah Kota Makassar tentang sosialisasi Program Makassar Recover yang di canangkan oleh Walikota Makassar Danny Pomanto.

Kepala Bidang PAUD DIKMAS Dinas Pendidikan Kota Makassar Dr. Hikmah M. S. Pd. M.Pd

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Bidang PAUD DIKMAS Dinas Pendidikan Kota Makassar Dr. Hikmah M. S. Pd. M.Pd mengatakan kegiatan ini sebagai sosialsiasi kebijakan pengelolaan Data Dapodik PAUD Dikmas dengan adanya aplikasi versi terbaru untuk meminimalisir kesalahan penginputan oleh para operator.

“ini program rutin setiap tahunnya, ini sosialisasi validasi data, kita harapkan peserta nanti dapat benar benar memahami cara menginput data dapodik mengikuti aturan yang ada, karena kami di dinas bukan yang menginput, semuanya di input di PAUD dan PKBM,” tuturnya kepada awak media.

Rencananya menurut Hikmah dalam waktu dekat kegiatan ini akan dilanjutkan dengan mengundang seluruh kepala Sekolah Tingkat PAUD untuk mengikuti kegiatan sosialisasi Petunjuk Teknis Dana Bos yang akan digelar di Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Sementara itu Koordinator Dapodik Dinas Pendidikan Kota Makassar Hamka, S. Sos MM usai memberikan materi mengatakan sejauh ini aplikasi data dapodik setiap tahunnya mengalami pembaharuan untuk memimalisir adanya data ganda, menurut Hamka dengan aplikasi terbaru 2021 Dapodik akan terintegrasi dengan sistem PPDB siswa sekolah kedepan lebih baik.

“Masih banyak data data dapodik yg belum singkron dengan data di dikduscapil terutama dengan nik, ada nik yg kosong, ada data nik yg tidak bisa ditemukan, sebenarnya banyak siswa itu pernah berganti KK dan KK nya itu belum dilapor dan diaktifkan, ini juga terkait dengan PPDB nanti jalur non zonasi,” pungkas Hamka (arya)

Editor : Andi Eka / Robin / Asrat Tella / Syamsul Bakhri As / Syaiful Dg Ngemba / A. AR. Rakhmansya Iskandar / Andi Ahmad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed