oleh

Mendikbud Wacanakan Tatap Muka Serentak Juli 2021, Sekolah SD inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar, Siapkan Skema Tatap Muka secara Learning Blended

BERITA KOTA ONLINE.COM. MAKASSAR – Rencana pemerintah menggelar sekolah tatap muka tahun ajaran baru 2021/2022 pada Juli 2021 mendatang mendapat respon positif dari sejumlah sekolah.

Diketahui sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem mengatakan Kebijakan pembukaan sekolah secara tatap muka ini merupakan hasil dari keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Syaratnya semua guru sudah mendapatkan vaksinasi tahap pertama dan kedua.

Menanggapi hal tersebut,  Kepala Sekolah SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar, Ahmad Tuppu MPdi mengaku tengah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam rangka menggelar sekolah tatap muka bagi siswa SD kelas 1 hingga kelas 6 pada tahun ajaran baru Juli 2021 mendatang.

Ahmad menjelaskan bentuk persiapan dimasa pandemi meliputi persiapan sarana prasarana ruang belajar mengajar, persiapan sarana kesehatan di lingkungan sekolah, persiapan guru, termasuk kesiapan orang tua peserta didik.

“saya mendukung karena Para orang tua juga  merespon baik,  Insya Allah usai bulan ramadhan nanti semua kita upayakan sudah rampung semua kita siapkan, mulai dari pengaturan kursi, pengadaan masker, tempat cuci tangan dan sabun serta handsanitizer  kami sediakan”

“termasuk persiapan penyemprotan ruang kelas dan toilet di sterilkan dengan disinfektan, untuk kantin sekolah kami tetap tutup, intinya kesehatan dan keselamatan anak didik menjadi tujuan utama kita,” jelas Ahmad

Ahmad berharap seluruh guru sudah mendapatkan vaksinasi sebelum Juli, agar proses belajar tatap muka dapat digelar

“Termasuk seluruh guru juga saat masuk sudah divaksinasi, untuk kecamatan tallo sekarang masih menunggu giliran divaksin, semoga sebelum mei semua guru sudah divaksinasi tahap 1 dan 2,” jelas Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Juli mendatang dilaksanakan secara bertahap dan tahap uji coba sesuai petunjuk teknis pelaksanaan sekolah tatap muka dari Dinas Pendidikan Kota Makassar.

“Sosialisasi pembelajaran juli mendatang sudah disampaikan dari dinas, untuk juknisnya kami masih menunggu,” kata Ahmad saat ditemui awak media di ruang kerjanya SDI Tallo Tua 1 jalan Sultan Abdullah Kecamatan Tallo Kota Makassar, Jumat (19/03/2021).

Ahmad menuturkan kesiapan tatap muka pada Juli mendatang telah dirapatkan melibatkan dewan guru,  pihak komite sekolah atau wali murid  untuk dimintai sarannya termasuk meminta persetujuan orang tua terkait uji coba pembelajaran secara luring sebagai proses adaptasi bagi siswa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Saat ini tahapan luring untuk kelas 1 dan kelas 2 saja kami coba, itupun hanya sebagian siswa saja kami utamakan terutama yang belum bisa membaca dan menulis dan juga kondisi orang tua yang tidak memiliki hp android.  juga saya minta orang tua menyiapkan sendiri bekal makanan dan air minum sendiri dan alhamdulillah uji coba ini, kami pantau tidak ada kendala karena tetap mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Rencananya kata Ahmad, terdapat 18 guru dan 428 siswa yang ada, akan dibagi jadwalnya dan digelar secara Learning Blended dan setiap kelas dibagi dua kelompok untuk dilakukan pertemuan secara bergantian.

“Kami tetap mengakomodir masukan orang tua, konsepnya learning blended jadi para orang tua diperbolehkan memilih belajar secara tatap muka ataupun sistem online dari rumah”,

Rencananya untuk tatap muka kata Ahmad “dimulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 pagi untuk kelas 1, 2 dan 3 dilanjutkan pukul 13.00 hingga pukul 16.00 wita sore untuk kelas 4, 5 dan kelas 6,” pungkas Ahmad yang juga menjabat Sekretaris Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Indonesia Wilayah Sulsel

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan vaksinasi terhadap tenaga pendidikan bisa segera selesai. Tujuannya agar sekolah tatap muka bisa segera dilakukan pada awal semester kedua. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim lantas menargetkan semua sekolah sudah memulai pembelajaran tatap muka serentak pada Juli 2021 (uceng/arya).

Editor : Andi Eka / Robin / Asrat Tella / Syamsul Bakhri As / Syaiful Dg Ngemba / A. AR. Rakhmansya Iskandar / Andi Ahmad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed