oleh

Mengenal Destinasi Goa Dua Susun Lapia Tellumpanue, di Mallawa Maros

Maros, Beritakota Online-Sebuah goa yang ditemukan warga Desa Tellumpanue, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, beberapa waktu silam, hingga kini belum bisa beroperasi secara maksimal untuk pariwisata.

Goa yang jaraknya sekitar 8 Km dari jalan poros Makassar-Bone, atau 1 Km dari Kantor Desa Tellumpanue itu, kemudian diberi nama oleh warga keturunan raja Bone di Tellumpanue dengan nama Goa Lapia.

Goa yang jaraknya sekitar 8 Km dari jalan poros Makassar-Bone, atau 1 Km dari Kantor Desa Tellumpanue itu, kemudian diberi nama oleh warga keturunan raja Bone di Tellumpanue dengan nama Goa Lapia.

Salah seorang warga Desa Tellumpanue Andi Salman, menjelaskan, bahwa di dalam gua terdapat beragam jenis batuan dan juga masih tampak jejak turbulensi di dalamnya.

“Pada lantai yang paling dasar, kita akan menemukan mata air, sayangnya habitat ikan yang ada, tidak seperti dulu lagi,” bebernya.

Terkait medan di dalam gua, Andi Salman menjelaskan, tingkat kesulitannya tergolong sedang, hanya saja untuk menuju goa yang berada dilantai dua, kita harus merangkak untuk memasuki pintu goanya. Pasalnya, gua tersebut memiliki jalur horizontal dan juga vertikal.

Sementara ini, baru 50 meter yang telah dieksplore warga sekitar. Belum semuanya berhasil terkuak. Berhubung sirkulasi udara yang minim.

Sementara terkait pemilihan nama Gua Lapia, Kepala Desa Tellumpanue, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Dahniar SE, menjelaskan, bahwa dulunya goa Lapia adalah tempat persembunyian para pejuang saat melawan penjajah. Setelah masyarakat sekitar berhasil menemukan gua dan menyusurinya, ternyata gua memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah, goa itu juga memiliki lantai seperti rumah dua susun, yang pada akhirnya dinamakan Gua Lapia atau goa dua lantai, ujarnya.

Goa Lapia, merupakan gua kering, yang dalam pengembanganan pariwisatanya tidak bisa berdiri sendiri, karena keterbatasan jumlah personel dan juga kendala biaya,” urainya.

Namun untuk pengembangannya, kita bentuk kelembagaannya yakni pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan akab membuat paket kunjungan,” terangnya. Kepala Desa Tellumpanue, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Dahniar SE.(Mansur/haris)

Editor : Andi Eka/Syamsul Bakhri/Mansur/Asrat Tella/H.Sakkar/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed