oleh

Pemdes Toddopulia Selenggarakan Musrenbang Penyusunan RKPDesa Tahun 2021

>

Maros, Berita Kota Online-Rencana Kerja Pemerintah Desa merupakan penjabaran dari RPJM Desa yang memuat rencana penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa dalam jangka waktu satu tahun.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2021, Pemerintah Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maroa menyelenggarakan acara tersebut, Selasa (20/10/2020),

Oleh karena itu, guna menentukan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam RKPDesa, mekanisme musyawarah yang harus dilalui adalah Musrenbang Desa.

Sebagaimana jadwal pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2021, Pemerintah Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maroa menyelenggarakan acara tersebut, Selasa (20/10/2020), bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Toddopulia. Adapun pelaksanaan Musrenbang Desa ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis PMD Maros, H. Husair, Camat Tanralili, yang diwakili Kasi Pemberdayaan Kecamatan Tanralili, H. Mustafa, Kepala Desa Toddopulia, Andi Abbas, Pendamping Kecamatan, Yuli, BPD, LPM, Tim Verifikasi, Tim Penyusun RKP Desa, Kepala Dusun, PKK, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Masyarakat Miskin, Babinsa serta Babhinkamtibmas.

Terdapat tiga agenda pokok dalam Musrenbang Desa ini yakni Pembahasan dan Penyepakatan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa, Pembahasan dan Penyepakatan Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2021, yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan Tahun 2021, serta Pemilihan dan Penetapan Delegasi Desa untuk Musrenbang Kecamatan Tahun 2021.

Kepala Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Andi Abbas mengungkapkan, bahwa perencanaan desa harus selaras dan mengacu pada kebijakan Pemerintah Kabupaten diantaranya mengenai pendidikan dan kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan intervensi stunting, pemukiman dan lingkungan hidup, yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat dan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, pariwisata desa utamanya mengenai pengembangan potensi desa untuk peningkatan PAD, serta pertanian, di antaranya mengenai pengadaan bibit dan pupuk organik serta pelatihan bagi masyarakat terdampak bencana.

Di samping itu, pihaknya berharap agar perencanaan desa melalui penyusunan RKP Desa ini dapat berdampak secara nyata terhadap masyarakat, utamanya terkait peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Adapun setelah disepakatinya Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2021 dan Daftar Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2022 yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan Tahun 2021, tutup Kepala Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Andi Abbas.

Editor : A.AR.Rakhmansya/Andi Eka/Asrat Tella/Syamsul Bakhri/H.Sakkar/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed