oleh

OKP dan BUMDes Dorong Peran Masyarakat dalam Mengelola Desa Wisata

Maros, Berita Kota Online – Pemerintah Kecamatan Cenrana, bekerjasama dengan Kementerian Desa atau PDT, P3PMd Kabupaten Maros dan Dinas Parawisata Kabupaten Maros, mendorong optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mewujudkan perekonomian yang inklusif, pada “Workshop Pembinaan Kelembagaan/Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, di Ruang Pertemuan Rumah Makan Family, Cenrana Maros, Sabtu (17/10/2020).

Workshop Pembinaan Kelembagaan/Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, di Ruang Pertemuan Rumah Makan Family, Cenrana Maros, Sabtu (17/10/2020).

Dari Workshop ini, diharapkan BUMDes bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, sebagai Lembaga Pengelola Destinasi Wisata di Kecamatan Cenrana.

Workshop ini dihadiri pemateri dari Kementerian Desa atau PDT, Drs. A.Rijal kadir M.si, Tenaga Ahli BUMdes dari P3PMd Kabupaten Maros, Idham, Kabid Dinas Parawisata Kabupaten Maros, Yusriadi arief, S.Sos, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Pengawas BUMDes.

Pemateri dari Kementerian Desa atau PDT, Drs. A.Rijal kadir M.si, dalam sambutannya mengungkapkan, ia mendorong semua destinasi wisata agar dikelola oleh BUMDes supaya konsep pembangunan pemerintah pusat atau seperti yang pernah disampaikan presiden, bahwa pembangunan pariwisata harus menetes sampai ke bawah sehingga benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau kita bicara tentang sustainable, maka pembangunan pariwisata harus berdasarkan Community Based Tourism, dan ini yang kami dorong sekarang!” tegas Andi Rijal.

Tenaga Ahli BUMdes dari P3PMd Kabupaten Maros, Idham, mengapresiasi sekaligus menyambut positif BUMDes sebagai Pengelola Desa Wisata di Kecamatan Cenrana.

Idham mengungkapkan, pengembangan Destinasi prioritas Salukang Kallang di Desa Labuaja, Destinasi Pacolla di Desa Cenrana Baru, dan Destinasi Lengang di Desa Laiya, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, sebagai Destinasi Wisata unggulan di Kecamatan Cenrana menjadi salah satu fokus BUMdes ke depannya.

Kabid Dinas Parawisata Kabupaten Maros, Yusriadi arief, S.Sos, mengatakan, “Tadi kita sudah dengar, kontribusi dari hasil pengelolaan tiga Destinasi Wisata di Kecamatan Cenrana. Ini menunjukkan tiga desa di Kecamatan Cenrana sebagai Desa Wisata punya potensi yang sangat baik, apalagi jika didukung dan dikembangkan lebih baik. Yusriadi berjanji ke depannya akan turut berperan dalam pengembangan destinasi ini,” jelas Yusriadi.

Sementara Camat Cenrana, Kabupaten Maros, H. Suwardi Sawedi. SE. M.Si, mengungkapkan Bumdes ini memberi peluang yang sangat besar bagi Desa di Kecamatan Cenrana, untuk bisa menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja setempat dan dapat membawa peningkatan bagi pendapatan masyarakat dengan membuka berbagai usaha di tempat ini dan peningkatan PAD untuk Desa destinasi yang di Cenrana, tutup Camat Cenrana, Kabupaten Maros, H. Suwardi Sawedi. SE. M.Si. (Mansur/And Haris)

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Syamsul Bakhri/H.Sakkar/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed