oleh

PLN Nyalakan Listrik Desa Wisata di Sinjai

>

Sinjai, Beritakota Online – Dalam memperingati HLN ke 75, PLN akan terus berkomitmen untuk melistriki seluruh tanah air hingga ke pelosok negeri. Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, PLN berhasil melistriki tujuh Desa di Kelurahan Pasir Putih pada Jumat Sore.

Tujuh Desa yang kini bisa menikmati listrik diantaranya Desa Bonto Katute, Desa Bonto Tengnga, Desa Batu Belerang, Desa Bonto Katute, Desa Barambang, Desa Biji Nangka, Desa Kassi Bulleng yang terletak di Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan menjadi desa yang kini menerima aliran listrik PLN selama 24 jam.

Untuk melistriki 485 kepala keluarga yang berada di Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 31.79 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 33.52 kms, serta 17 gardu distribusi dengan total kapasitas 850 kiloVolt Ampere (kVA).

Turut hadir dalam Peresmian, Bupati Kab. Sinjai Andi Seto Gashista Asapa, Sh, Llm, Ketua DPRD Sinjai Drs. Lukman Arsal, Dandim 1424 Sinjai Letkol. Inf. Ely. Asyer Sitompul S. Hub serta General Manager PLN UIW Sulselrabar Ismail Deu, Senior Manager PLN UIW Sulselrabar Mundhakir, Manager PLN UP3 Bulukumba Leandra Agung Tri Radi Putra, Manager PLN PLN UP2K Sulawesi Selatan Syaifuddin.

Ismail mengatakan PLN telah menyelesaikan proyek listrik desa terbesar sebanyak 30 Desa di Sinjai dan kehadiran listrik ini telah lama dinantikan masyarakat Desa Tangnga.

“Saat ini PLN sudah membangun 30 Desa di Sinjai, mudah-mudahan akan berlanjut dan terus melistriki Desa hingga Kabupaten. Mudah-mudahan 15 Desa yang tersisa bisa dituntaskan di tahun 2021,” Ujar Ismail.

Ismail menambahkan masyarakat tak segan membantu PLN untuk menjaga suplai listrik agar tidak mengalami gangguan.

“Kami mohon kepada Mayarakat untuk turut memelihara listrik, terutama jika ada pohon yang mendekati jaringan kiranya dapat merelakan pohonnya untuk dipotong. Karena jika tidak akan dapat menggangu kelangsungan pasokan listrik,” Ujarnya.

Ismail berharap dengan adanya listrik di Desa Bonto Tengnga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Harapan PLN kepada masyarakat, listrik bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan warga bisa lebih produktif lagi agar bisa memperbaiki ekonomi keluarga di Desa Tengnga dan Desa lainnya,” ujar Ismail.

Bupati Kab. Sinjai Andi Seto Gashista Asapa, Sh, Llm mengucapkan terimakasih dan siap membantu terkait dengan pemangkasan pohon yang bisa mengganggu pasokan listrik di masyarakat.

“Untuk PLN, kami sebagai wakil dari masyarakat sangat siap membantu terkait dengan pemangkasan pohon yang menggangu kabel listrik,” Ujarnya.

Kaswan Mahmud, Kepala Desa Bonto Tengnga menyampaikan rasa syukurnya dan berharap listrik bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di desanya.

“Listrik menjadi kebutuhan mendasar masyarakat, dan kewajiban kita semua untuk menjaganya. Mudah-mudahan hadirnya listrik bisa memperbaiki ekonomi keluarga,” ujarnya.

Motor listrik dan kompor induksi juga dihadirkan dalam peresmian tersebut, dan telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, salah satunya Bupati Kab. Sinjai Andi Seto Gashista Asapa, Sh, Llm merasa kagum saat mencoba motor listrik.

“Motor listrik ini ternyata nyaman dipakainya dan tidak ada bisingnya, masyarakat perlu mencobanya,” tuturnya. (Humas PLN Unit Induk Wilayah Sulselrabar).

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Syamsul Bakhri/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed