oleh

Soal Dugaan Insiden “Pengusiran Wartawan” Saat Meliput Kunker Kapolda Sulsel, Dewan Etik AJOI Minta Walpri Minta Maaf !!!

Sengkang, Beritakota Online Kunjungan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam di Kabupaten Wajo diwarnai insiden pengusiran terhadap jurnalis salah satu stasiun televisi nasional, Minggu (27/9/2020). Pengusiran itu diduga dilakukan oknum pengawal pribadi (walpri) Kapolda Sulsel.

Adapun Insiden pengusiran itu dialami oleh video jurnalis TvOne, Hendra Sutomo. Hendra mengatakan, kejadian tersebut berawal saat ia bersama sejumlah jurnalis televisi, ingin mengambil gambar Kapolda Sulsel saat menjenguk penderita kanker di Kota Sengkang, Wajo.

Saat mencari posisi untuk pengambilan gambar kata Hendra, sejumlah oknum diduga Walpri Kapolda Sulsel yang memakai seragam safari berwarna hijau, malah mengusirnya. Padahal atribut seperti baju seragam dan id card melekat padanya saat menjalankan tugas.

“Saya sudah perkenalkan diri kalau saya dari TvOne, namun tetap diusir, padahal kami hadir atas undang dari Polres Wajo,” kata Hendra.

Iapun tak bisa menyembunyikan rasa kecewanya atas insiden yang dia alami. “Kalau kami hadir, terus kehadiran kami hanya untuk diusir, kenapa kami diundang datang, saya sangat kecewa dengan adanya insiden ini,” tandasnya.

Dengan kejadian itu Organisasi Jurnalistik Online didaerah ini yakni Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) DPD Provinsi Sulsel, Dari Dewan Etik Andi Ahmad Effendy mengatakan sangat menyayangkan terjadinya insiden ini saat kunjungan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam di Kabupaten Wajo, katanya.

Menurut Pimpinan Media Group Beritakota Online ini baru beberapa hari telah diadakan silaturrahim dengan awak media di Makassar dan pesan Kapolda Sulsel saat itu bahwa seluruh jajaran Polda Sulsel harus bersinergitas dan jalin kemitraan dengan awak media (Wartawan) karena adanya kesuksesan program Kepolisian selama ini karena kemitraan dengan wartawan, apalagi Orang nomor satu di kepolisian Daerah Sulsel baru melakukan kunjungan kerja di salah satu daerah dalam wilayahnya.

Pemaparan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam masih tersimpan diseluruh memory Awak media saat Silaturrahim di Mapolrestabes Makassar, Kamis (24/09/2020) bahwa Telah disebutkan ada sembilan Program Selama menjabat Kapolda Sulsel diantaranya Pemantapan Manejemen Media seperti juga program Kapolri saat ini.

” Oknum Pengawal Pribadi (Walpri) Kapolda Sulsel harus minta maaf kepada Oknum Koresponden TV One yang bertugas di Wajo ini, apalagi beliau ada undangan dari Polres Wajo untuk meliput kegiatan kunker Kapolda Sulsel bersama Ketua Bhayangkari di kabupaten Wajo ini (**)

Laporan : Ilham
Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Saiful Dg Ngemba/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed