oleh

Sosok Kapolda Sulteng Irjen Rakhman Baso Putra Maros Dan Jenderal Brimob Garang yang Humanis

Palu, Beritakota Online-Bumi Tadulako, sebutan Provinsi Sulawesi Tengah kini memiliki Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yang baru. Dia adalah Irjen Pol Drs Abdul Rakhman Baso.

Eks Wakil Komandan Korbrimob Polri ditunjuk sebagai Kapolda Sulteng per Senin 3 Agustus 2020. Dalam perjalanan karirnya, Abdul Rakhman dikenal sebagai perwira yang mumpuni di bidang Brigade Mobil (Brimob).

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 tercatat empat kali menjabat sebagai Kasat Brimob yaitu di Polda NTT (2001), Polda Sulawesi Tenggara (2002), Polda Sumatera Selatan dan Kasat Brimob Polda Jabar (2012).

Sebelum akhirnya dipercaya menjadi Kapolda Sulteng oleh Kapolri, Rakhman sempat menjabat Anjak madya bidang Brimob Korbrimob Polri (2013), Kabagops Korbrimob Polri (2015), Danpas Pelopor Korbrimob Polri (2017) dan Wakil Komandan Korbrimob Polri (2018).

Meski memiliki latar belakang sebagai anggota Brimob, Rakhman dikenal memiliki sifat yang tegas akan tetapi tetap humanis. Semisal saat dirinya menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung dan menghadapi demo di depan Gedung Sate yang menjadi pusat pemerintahan di kota Bandung.

Alih-alih menyiapkan pasukan untuk siap tempur, dia justru memerintahkan sekitar 1.500 aparat gabungan dari Dalmas Polda Jabar, Dalmas Polrestabes Bandung, serta Pasukan dari Satbrimobda Jabar menenangkan diri, lalu duduk bersimpuh dengan barisan yang teratur dan berzikir melantunkan kebesaran Allah SWT.

Jenderal Brimob kelahiran Maros Sulsel ini menyadari akan tugas dan risiko yang ditempuh dan dia juga tahu siapa yang ada di hadapannya, sehingga tidak mungkin Rakhman menyerang adik, rekan dan saudara sendiri. Suasana damai pun tercapai, penyampaian aspirasi tetap dilakukan oleh para pendemo, namun tidak ada aksi anarkis yang terjadi, seperti dilansir RQnews.

Berikut Riwayat Jabatan

Kasat Brimob Polda NTT (2001)
Kasat Brimob Polda Sultra (2002)
Wadir Samapta Polda Lampung
Kasat Brimob Polda Sumsel
Kasat Brimob Polda Jabar (2010)
Kapolrestabes Bandung (2012)
Analis Kebijakan Madya bidang Brimob Korbrimob Polri (2013)
Karoops Polda Sumbar (2014)
Kabagops Korbrimob Polri (2015)
Danpas Pelopor Korbrimob Polri (2017)
Wakil Komandan Korbrimob Polri (2018)
Kapolda Sulawesi Tengah (2020)

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Saiful Dg Ngemba/Syamsul Bakhri/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed