oleh

Kades Samangki dan Pejabat ATR/BPN Maros Serahkan 674 Setifikat Program PTSL Kepada Warga

Maros, Beritakota Online-Sebanyak 674 sertifikat Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap) dibagikan kepada pemiliknya, di Aula Kantor Desa Samangki, Desa Samanggi, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Rabu (2/9/2020).

Pembagian secara simbolis itu, diberikan oleh Sub Seksi Bagian Hukum Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Maros, Wahid, didampingi Kepala Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Hj Darwana S.Pd.

Kepala Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Hj Darwana S.Pd, mengatakan, Program PTSL ini, adalah Program Pemerintah Pusat. Hal ini dilakukan untuk menekan potensi konflik sengketa tanah, yang disebabkan tidak adanya dokumen, atau bukti kepemilikan atas tanah.

“Suksesnya program PTSL ini menandakan program presiden telah diimplementasikan dengan baik. Mudah mudahan desa lain di Kabupaten Maros, juga bisa mendapatkan alokasi Program PTSL,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, berbagai manfaat diperoleh usai pensertifikatan tanah. Di antaranya, sertifikat bisa digunakan untuk agunan, untuk pinjaman di bank.

“Tentunya pinjaman yang diajukan untuk kegiatan produktif, bukan konsumtif,” ujarnya.

Darwana juga berpesan agar sertifikat yang telah didapat dijaga dengan baik, “Jangan sampai tercecer atau hilang,” imbuhnya.

Sementara, Sub Seksi Bagian Hukum Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Maros, Wahid mengatakan, sebanyak 674 bidang tanah di Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, telah diukur oleh pihak ATR/BPN. Sebanyak 1100 sertifikat yang telah disiapkan, namun karena Covid-19, maka yang terlaksana hanya mencapai 674 sertifikat saja.(Mansur)

Editor : Andi Eka/Asrat Tella/Syamsul Bakhri/Saiful Dg Ngemba/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed