oleh

Menelusuri Jejak Sejarah Masjid Tua Appatanah di Selayar

Selayar, Beritakota Online-Niatan untuk bisa sampai dan menyambangi bangunan Masjid tua Appatanah, di Desa Appatanah, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, akhirnya kesampaian.

Liputan religi, edisi hari Minggu, (14/06) kali ini, sengaja difokuskan pada penelusuran jejak bangunan Masjid Tua Desa Appatanah.

Namun ternyata, bangunan Masjid tua yang berdiri kokoh di pesisir pantai sebelah barat Desa Appatanah tersebut, telah mengalami banyak perubahan.

Beberapa bagian struktur bangunan telah dipugar. Hingga kesan Masjid tua, nyaris tak lagi membekas

Tinggal hanya sisa-sisa pondasi dan dinding bagian belakang Masjid yang tersisa menjadi bukti sejarah, keberadaan bangunan Masjid tua di Desa Appatanah.

Bukti lain bisa dilihat pada rangka bangunan plafon bahagian dalam Masjid, mikser radio jadul yang sampai sekarang masih digunakan sebagai perangkat pembesar suara.

Kesan lain dapat dijumpai pada bentuk mimbar, horn speaker (toa), dan beberapa buah gelas tempo doeloe, serta waste bowl antiques (kobokan kaca) atau tempat cuci tangan kaca tempo doeloe yang masih dijumpai tersimpan rapi di dalam Masjid.

Namun sayang, karena tim liputan; tidak sedikitpun mendapat kutipan testimoni tentang catatan sejarah Masjid tua Desa Appatanah yang menurut warga sekitar telah dirubah namanya itu.
(Andi Fadly Dg. Biritta)

Editor : Asrat Tella/Saiful Dg Ngemba/Syamsul Bakhri/H.Sakkar/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed