oleh

Warga Lambandia-Konsel Aksi Demo, Sorot Kades Tidak Bagikan BLT DD.

Lambandia- Konsel, Beritakota online-Warga Lambandia-konsel melakukan aksi protes di kantor desa lambandia kec. Lalelmbu konawe selatan di karenakan kades Lambandia sampai saat ini belum menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa ( BLT DD ) akibat dampak wabah covid-19.Sabtu 06 juni 2020.

Menurut warga mengatakan BLT DD berdasarkan peraturan menteri desa dan PDTT nomor 6 tahun 2020 di prioritaskan untuk 3 program di antaranya pencegahan dan penanganan virus corona, padat karya tunai desa (PKTD ), dan Bantuan langsung tunai dana desa ( BLT DD ), namun sampai saat ini BLT DD kepada masyarakat yang berhak mendapat bantuan belum tersalur hingga saat ini.

Warga desa lambandia kec. Lalembu yang berhak mendapatkan BLT DD berjumlah 96 KK dan menurut masyarakat yang melakukan aksi demo yang di kutip berdasarkan Perbub nomor 20 tahun 2020 dana desa ( DD ) lambandia kec. Lalembu tahap pertama sudah cair 40% dengan nominal ± Rp 278.834.800,- namun menurut warga BLT DD sampai saat ini belum juga disalurkan.

Dalam aksi demo itu juga warga lambandia kec. Lalembu kab. Konsel tidak hanya memprotes BLT dari anggaran dana desa tapi juga warga mempertanyakan proses pengerjaan Bedah Rumah di desa lambandia tahun 2020 tahap 1. Dari 3 unit rumah yang seharusnya mendapatkan bantuan Bedah rumah, hanya 1 saja yang baru diselesaikan dari total anggaran rumah Rp. 13.000.000,-

Dan juga, protes warga mengenai lampu penerangan jalan yang di kerjakan menurut warga tidak sesuai dengan paket bantuan, serta program pembangunan WC, dan bantuan KWH untuk 20 rumah masyarakat tidak sesuai, imbuhnya

Dalam tuntutan yang di layangkan masyarakat terhadap Kades Lambandia, Sukamto, SH jika Kades tak mampu melaksanakan tuntutan warga maka warga meminta dalam kurung waktu 2 X 24 jam maka kepala desa lambandia diminta mundur dari jabatannya.

Dalam aksi demo protes warga lambandia tersebut warga membuat surat pernyataan dan di bawa langsung ke kantor camat lalembuu. Turut hadir Danramil 1417-05/Tinanggea, Kapten inf Arifudin bersama Kapolsek Atari Jaya, Iptu Totok Edi Wibowo, SH serta Camat Lalembuu, Ibu Abetoambari, S.STp.

Laporan : Muh Hasyim/Jumalin
Editor : Moch Amir D/H.Sakkar/Andi A Effendy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed