21 October 2019

Dirjen Pajak : Realisasi Penerimaan Pajak Yang Baru Sekitar Rp.550 T

26 - Agu - 2014 | 16:24 | by:
Dirjen Pajak : Realisasi Penerimaan Pajak Yang Baru Sekitar Rp.550 T

Dirjen Pajak , DR. Fuad Rahmani bersama Ketua Umum IKPI, Suttaria Oyong ( Foto : Andi Ahmad)

Makassar, Beritakota online-Dirjen Pajak Kementerian Keuangan RI Fuad Rachmani mengatakan, realisasi penerimaan negara dari sektor pajak hingga Agustus ini baru mencapai sekitar Rp50 persen dari target sebesar Rp1.100 triliun.

Rendahnya realisasi penerimaan pajak yang baru sekitar Rp550 triliun dari target karena rendahnya kepatuhan wajib pajak mambayar pajak terhutang, kata Dirjen Fuad Rachmani kepada pers usai membuka Kongres Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) ke-10 di Hotel Clarion Makassar, Senin.

Dirjen mengatakan, untuk memacu penerimaan negara darin sektor pajak, maka peran konsultan pajak diharapkan lebih baik dan profesional. Salah satu langkah yang akann ditempuh dalam meningkatkan penerimaan pajak adalah melibatkan konsultan pajak dan kerja sama dengan pemerintah daerah.

“Kita akan melakukan kerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota melalui sisten online cara membayar pajak, termasuk menerbitklan izin usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) disemua daerah, “ujar Fuad.

Transaksi ekonomi Indonesia, menurut Fuad lebih rendah dibanding tahun sebelumnya hanya tumbuh 5,1 persen, karena itu diperlukan ekstensifikai dan efisiensi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Sulsel Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan Ilham Alim Bachrie menyatakan, mendukung rencana Ditjen Pajak memberlakukan sistem online dalam upaya memacu tingkat penerimaan negara dari sektor pajak.

Menurut Ilham, sosialisasi dan edukasi terhadap mesyarakat tentang tatacara membayar pajak cukup penting, sebab masih banyak wajib pajak yang belum mengetahui cara membayar pajak, sehingga mereka menunggak pembayaran pajak terhutang.

“Wajib pajak harus diberi penyuluhan secara terus menerus, bukan justru menakut-nakuti mereka dengan ancaman denda maupun dengan pidana karena belum memenuhi kewajibannya membayar pajak, kata Ilham.

Kongres IKPI ke-10 dibuka oleh Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang diikuti sekitar 400 peserta dari 29 cabang IKPI seluruh Indonesia dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum IKPI Pusat dan menyusun program kerja lima tahun ke depan.

Penulis : Syarif
Editor : Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Pajak,Properti,Perbankan,Perpajakan | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Pajak

Kategori Properti,Perbankan,Perpajakan