No Banner to display

16 February 2019

IKPI : Hanya 27 Perusahaan Konsultan Pajak di Makassar Yang Miliki Izin Praktik.

2 - Des - 2013 | 16:40 | by: Admin1
IKPI : Hanya 27 Perusahaan Konsultan Pajak di Makassar Yang Miliki Izin Praktik.

Laporan : Andi Ahmad dari Makassar.

Makassar, Beritakota Online-Keberadaan konsultan pajak di Kota Makassar saat ini, tampaknya belum dimanfaatkan kalangan perusahaan dan pengusaha. Padahal, aktivitas konsultan pajak ini akan sangat membantu dalam melancarkan aktivitas suatu perusahaan. Di Kota Makassar saat ini baru ada sekitar 27 perusahaan konsultan pajak yang memiliki izin praktik. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah setelah 19 konsultan pajak telah dinyatakan lulus ujian. Namun mereka masih menunggu izin sebelum melakukan kegiatannya.

”Bisa dibayangkan betapa repotnya para pemilik dan pemimpin perusahaan saat mereka harus berurusan dengan hukum terkait pelaporan pajaknya yang tidak sesuai dengan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Kalau sudah muncul seperti ini, mereka baru mencari seorang konsultan pajak untuk mendampinginya. Padahal, ini bisa tidak terjadi jika dari awal mereka telah memanfaatkan jasa seorang konsultan pajak,” kata H Andi Makmur Haras, SE, ME, Phd, salah seorang konsultan pajak yang juga Ketua Panitia Pelaksana Seminar Nasional Perpajakan yang digelar Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Cabang Makassar, kepada wartawan usai pembukaan Seminar Perpajakan di Hotel Kenari Makassar, Senin (2/12)..

Makmur yang didampingi sekretaris panitia, Drs Massaniga, MM, mengakui, keberadaan konsultan pajak selama ini memang tidak terlalu begitu dikenal masyarakat umum. Pasalnya, para anggota IKPI dilarang untuk beriklan. ”Untuk itu, melalui kegiatan seminar nasional ini akan dapat membantu para anggota IKPI Cabang Makassar untuk bisa lebih dikenal masyarakat secara luas,” jelasnya.

Seminar nasional perpajakan ini Kegiatan ini peserta yang hadir sebanyak kurang lebih 200 orang dari kalangan umum maupun pengusaha. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman hak dan kewajiban perpajakan nasional diIndonesia.

Dalam seminar ini ada tiga fokus bahasan yang akan menjadi perhatian, yakni terkait memahami hak dan kewajiban atas pokok-pokok perubahan kebijakan pemeriksana, mengetahui hal-hal penyebab timbulnya pemeriksaan bukti permulaan dan penyidikan tindak pidana perpajakan, serta aspek perpajakan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 46/2013 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu.

”Sejumlah pembicara yang kompeten dibidangnya akan kami hadirkan, sehingga dipastikan pembahasan seminar nasional bisa tuntas menjawab sejumlah persoalan perpajakan. Seperti, Ketua IKPI Pusat, Kakanwil DJP Sulselbartra, Direktur Intelijen dan Penyidikan Pajak, serta Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak Kanwil DJP Sulselbatra,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat betapa pentingnya membayar pajak yang dipergunakan membangun negeri. Untuk itu, bagi masyarakat yang tidak hanya ingin memperluas pengetahuahn soal pajak, tapi juga ingin mengetahui lebih detail system perpajakan agar dikemudian hari tidak salah dalam perhitungan maupun pembayaran dapat menggunakan jasa konsultan pajak.

”Saat ini penerapan self assesement diberikan ke masyarakat sebagai bentuk kepercayaan Dirjen Pajak dalam melakukan penghitungan dan pelaporan kewajiban bagi wajib pajak. Namun kadang pada perjalanannya ada hal-hal yang dipenuhi sepenuhnya. Sehingga, terkadang memunculkan kasuistik pemeriksaan untuk menguji kepatuhan dan kebenaran wajib pajak tersebut,” paparnya.

Editor : Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Pajak,Properti,Perbankan,Perpajakan | TRACKBACK |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Pajak

Kategori Properti,Perbankan,Perpajakan