1 September 2014

Megahputra Sejahtera Ekspor Kopi Arabika Ke Starbucks 108 Ton

6 - Sep - 2013 | 15:40 | by: Birosulsel
Megahputra Sejahtera Ekspor Kopi Arabika Ke Starbucks 108 Ton

Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo bersama Rudy Halim dan Pimpinan PT. Megaputra Sejahtera di Makassar (Foto: Andi Ahmad)

Laporan : Andi Ahmad dari Makassar

Makassar, Beritakota Online-Volume ekspor kopi arabika dalam bentuk kopi beras dari Sulawesi Selatan pada 2013, hingga September, mencapai 108 ton dengan nilai sekitar 1 Triliun lebih. Jumlah ini naik tajam dibanding volume ekspor pada periode yang sama pada 2012, yang dikirim PT. Megahputra Sejahtera di Makassar.

“Pengiriman Kopi ini yang kami lakukan sudah sampai 10 tahun lamanya ke Starbucks,  Amerika  Serikat” kata Manager PT. Megahputra Sejahtera Makassar, Rudy Halim, kepada Wartawan di Makassar, Jumat (06/09).

Menurut Rudy, sebenarnya eksportir menargetkan angka pengiriman kopi hingga 15 Kontainer sesuai permintaan pesanan Starbucks Namun ia pesimis target tersebut bisa tercapai meski dikalkulasikan dengan volume yang dicapai hanya sampai 10 kontainer tiap pengiriman hingga saat ini.

Menurut Rudy adapun Kopi yang dikirim adalah jenis Kopi Arabika dari kabupaten Enrekang dan Kabupaten Mamasa Provinsi Sulbar, yakni di Enrekang kerjasama dengan Koperasi Benteng Ala’, katanya.

” Saat ini PT.Megahputra Sejahtera telah membina sekitar 20 Kelompok Tani di Kabupaten Enrekang, dan selebihnya dipasok dari Agen kami yang ada di kabupaten Mamasa yang kerjasama dengan para Petani Kopi didaerah itu, ” jelas Rudy Salim.

Dan Jumlah Ekspor untuk saat ini dikirim sebanyak 6 Kontainer yang jumlah beratnya tiap Kontainer adalah 18 Ton dan ini akan dikirim ditiga negara, ucap Frans Halim dihadapan Gubernur Sulsel, H, Syahrul yasin Limpo saat melepas ekspor Kopi di Gudang PT. Megahputra Sejahtera dikawasan KIMA Kelurahan Bulurokeng Kecamatan Biringkanaya Makassar.

Gubernur Sulsel, H. Syahrul Limpo mengatakan bahwa ekspor Kopi saat ini sangat meningkat dua kali lipat dari Provinsi Sulsel, dan seperti yang dilaksanakan PT.Megahputra Sejahtera saat ini yang mengekspor sebanyak 6 Kontainer, katanya.


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama | TRACKBACK |

Leave a Reply

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama