17 July 2019

Halo , Warga Makassar, Anak Lahir Langsung Diberi Akte Kelahiran Secara Gratis

9 - Sep - 2018 | 12:26 | by:
Halo , Warga Makassar, Anak Lahir Langsung Diberi Akte Kelahiran Secara Gratis

Makassar, Beritakota Online – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kini penerbitan akte kelahiran anak semakin mudah melalui program pelaporan kelahiran anak dan kematian penduduk.

Melalui aplikasi Kucatatki, anak yang baru saja lahir langsung mendapatkan akte kelahiran. Disdukcapil Makassar pun telah bekerjasama dengan 26 unit layanan kesehatan, termasuk 11 puskesmas dan rumah sakit yang melayani persalinan ibu se-kota Makassar.

Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba mengatakan, program tersebut sudah berjalan hampir sebulan sejak dilaunching Agustus lalu. Hingga kini, kurang lebih 100 akte kelahiran anak diterbitkan secara gratis.

“Ketika anak lahir sudah bisa mendapatkan akte kelahiran juga mendapatkan kartu keluarga baru dan kartu identitas anak yang baru. Jadi Three In One, urus satu dapat tiga, dapat KIA dan KK baru,”Kamis (06/09/2018).Seperti dikutif dari SINDOnews,

Apa pun syarat untuk mendapatkan akte kelahiran, cukup menunjukkan administrasi kependudukan berupa kartu keluarga (KK) dan KTP disertai buku nikah ke pihak rumah sakit yang sudah menerapkan sistem layanan Kucatatki.

“Yang jelas dia penduduk Makassar disertai bukti administrasi, KK dan KTP serta buku nikah. Jadi penginputan data langsung di masing-masing tempat persalinan kemudian datanya dikirim ke kami lewat aplikasi Kucatatki dan kami lakukan verifikasi data karena berhubungan dengan SIAK. Dua hari langsung terbit tanpa biaya,” jelas Nielma.

“Program ini sudah direspon baik oleh orangtua yang melahirkan di titik-titik pelayanan yang sudah bekerjasama dengan kami. Yang jelas bahwa, kemarin, saya melakukan evaluasi terhadap rumah sakit dan disambut baik oleh masyarakat, dan hari ini sudah kita terbitkan akte kelahiran online sekitar 100. Nah ini baru satu bulan, itu berarti sangat diantusias,” sambungnya.

Selain penerbitan akte kelahiran secara online, aplikasi kucatatki juga bertujuan mempermudah Disdukcapil merapikan data penduduk yang telah meninggal dunia.

“Dalam aplikasi kucatatki ada pelaporan peristiwa kematian dari kelurahan sehingga data penduduk kita bersih dari orang yang sudah meninggal. Jadi, surat kematian di foto oleh pihak kelurahan lalu memasukkan ke aplikasi ku catatki, supaya kami langsung delete di data kami,” tambah Nielma.

Editor : H.Sakkar/Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Daerah,Nusantara,Public Service | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Daerah

Kategori Nusantara

Kategori Public Service