23 June 2018

Komjen Pol Syafruddin : Masjid Solusi Kebangkitan Ekonomi Umat

11 - Apr - 2018 | 00:39 | by: Admin1
Komjen Pol Syafruddin : Masjid Solusi Kebangkitan Ekonomi Umat

Jakarta, Beritakota Online-Masjid merupakan bagian yang tak
terpisahkan dalam hidup Komjen Pol Syafruddin. Sejak belia, jenderal bintang tiga itu sudah mencintai dan dekat dengan masjid. Interaksinya dengan masjid semakin erat ketika ia ditunjuk sebagai wakil ketua umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI).

Selama lima dekade berkecimpung dalam pengelolaan masjid, pria kelahiran Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, itu menilai, umat selalu merindukan Sang Pencipta. Mereka berdatangan ke masjid untuk beribadah dan mendapatkan ketenangan batin. Di sana, mereka mendalami dan menerapkan Islam semaksimal mungkin.

Sampai kapan pun, tempat sujud itu akan selalu terisi, tak pernah lekang oleh waktu. Sedangkan, Islam akan selalu tumbuh menjadi inspirasi. Risalah Ilahiyah itu tak akan terdegradasi karena umat akan selalu menjadikannya
pandangan hidup.

Dari masjid pula Syafruddin melakukan perubahan dan membangun masyarakat. Rumah Allah itu tak hanya difungsikan untuk mu’amalah ma’allah, tapi juga hubungan sosial. Masjid diarahkannya menjadi tempat penampungan dan sumber bantuan bencana, seperti yang terjadi di beberapa titik banjir Ibu Kota.

Tak hanya itu, masjid juga akan menjadi tempat resolusi konflik. Masyarakat akan mengedepankan kedewasaan dan kebersamaan dengan berkumpul di masjid dan bermusyawarah menyelesaikan permasalahan. Semangat
yang harus dikedepankan adalah menuju titik persamaan dan
menghindari perbedaan.

Konsep seperti ini merupakan buah perjalanan hidupnya yang banyak terlibat menyelesaikan konflik bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla sejak 2004.

Umat pada hakikatnya mendambakan persatuan, sehingga jika kesadarannya digugat mereka pasti akan mengedepankan kebersamaan.

Harian Republika menobatkan Syafruddin sebagai salahsatu penerima anugerah Tokoh Perubahan 2017.

Editor : Marwan/Andi A Effendy
Sumber: Republika.com


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Hello Polisi,Nasional,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Hello Polisi

Kategori Nasional

Kategori Nusantara