20 September 2018

Fantastik, Upah Magang Negeri Sakura Rp 10 Juta Perbulan

15 - Feb - 2018 | 21:49 | by: Admin1
Fantastik, Upah Magang Negeri Sakura Rp 10 Juta Perbulan

Sulteng, Beritakota Online-Jepang memang luar biasa! Siapa yang tak kenal keindahan negara yang sempat menjajah kita ini? Selain keindahan negeri sakura ini, ternyata kematangan ekonomi pemerintahan juga tidak diragukan.

Bayangkan saja, gaji atau upah kerja bagi tenaga magang provesional tembus hingga 80 sampai 90 yen perbulan atau setara Rp. 10 juta perbulan. Maka tidak heran, jika para pencari kerja dalam tiap tahunnya berbondong-bondong untuk mengikuti tes magang ke Jepang.” Waktu magang selama 3 tahun. Upah yang di terima, untuk bulan pertama sebesar 80 ribu yen atau setara dalam rupiahnya berkisar Rp 10.202.59, ini jika dalam 1 yen sama dengan Rp 127.53. Sedangkan pada bulan kedua tembus 90 ribu, ” Kata Dra Fatnini M.Si, Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, Perluasan, Penempatan dan Produktifitas Tenaga Kerja (P5TKA), pada Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Sulteng. Kamis, (15/02/2018), di Palu.

Menurutnya, di tahun 2018 tenaga magang yang lulus ke Jepang untuk Sulteng berjumlah 19 orang dari jumlah pendaftar tahun 2017 berkisar 200 orang.Hal ini kata Fatnini, perlu dimaklumi sebab selama sepuluh tahun, diberlakukan pembatasan tenaga magang ke Jepang, untuk wilayah Sulteng. ” Kini di tahun 2018, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Sulteng kembali memberangkatkan 19 orang peserta magang.”Terangnya.Menurut Fatnini, sebelum pemberangkatan tenaga magang maka ada tahapan yang harus diikuti para peserta yang lulus. Diantaranya, pelatihan bahasa Jepang, tes matematika dasar, tes ketahanan fisik, wawancara, tes kesehatan, dan saat ini pelatihan bahasa jepang.”ungkapnya.

Selain itu kata Fatnini, peserta terpiliih nantinya juga akan menjalani beberapa sistem tahapan pekerjaan.Misalnya, dibulan pertama, peserta akan masuk tahap training. Selanjutnya bulan ke‑2 hingga 12 akan dievaluasi kompetensinya. Lalu, tahun ke dua, peserta sudah menjalani technical intern training. Dan pada tahap ini, peserta sudah dilindungi Undang‑Undang Perburuhan di Jepang.”Kami berharap, peserta magang bisac memberi contoh buat generasi selanjutnya.Sehingga  program ini berkelanjutan jadi jangan sampai bikin masalah. ” Himbaunya.

Laporan : Rahmad Nur
Editor : H Sakkar/Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Hukum dan Kriminal,Liputan Khusus Pilkada Sulsel 2018,Nusantara,Pilkada Sulsel 2018 | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Hukum dan Kriminal

Kategori Liputan Khusus Pilkada Sulsel 2018

Kategori Nusantara

Kategori Pilkada Sulsel 2018