25 May 2018

Koperasi Syariah Bebas Riba Hadir di Sulsel

22 - Jan - 2018 | 21:59 | by: Admin1
Koperasi Syariah Bebas Riba Hadir di Sulsel

Makassar, Beritakota Online — Perjuangan pengurus wilayah Indonesia Bebas Riba (IBR) Sulsel, untuk menghadirkan Koperasi Syariah, akhirnya terwujud, Minggu (21/1/2018)

Setelah menggelar rapat ketiga, dengan dihadiri kurang lebih 35 pendiri, bertempat di Nusa Tamalanrea Indah (NTI) Makassar, diputuskan berdirinya Koperasi Indonesia Bebas Riba.

Disepakati pengurus Koperasi IBR, Pengawas Operasional Ketua , H. Emil Haris, anggota Agus Khalik, Askari Azis. Pengawas Syariah Ketua, Arman Lantong, anggota, Ari Budianto, Mustamin.

Adapun Dewan Pengurus, Ketua Umum IR. Andi Muh.Yamin Sukri, Ketua Harian Zulkarnain Hamson, Sekertaris, Hidayat Nadsir, Bendahara , Gunawan Moeis.

Menurut H. Emil, nama Koperasi Indonesia Bebas Riba Sulawesi Selatan, adalah komitmen untuk menyalurkan aspirasi umat Islam, yang mendambakan praktik bisnis tanpa dicemari riba.

Masa bakti pengurus disepakati tiga tahun dan pengawas empat tahun. “Ini akan kita tinjau bilamana dinilai tidak efektif,” ujar ketua terpilih.

Jangka waktu koperasi ini disepakati 25 tahun dengan core bisnis perdagangan, pembiayaan, produksi dan jasa lainnya, semua berlandaskan syariah, tambahnya.

Simpanan pokok Rp.500.000 (cuma sekali disetorkan), Simpanan Wajib Rp.50.000 per bulan dan bisa juga disetor langsung setahun, penyertaan modal tidak dibatasi, Simpanan Suka Rela tidak dibatasi.

“Simpanan ini mulai efektif di berlakukan per 01 Februari 2018, ujar Zulkarnain Hamson. Sembari menambahkan modal awal koperasi IBR adalah Rp.75 Juta, dana tersebut sudah terkumpul dari anggota anggotanya.

H. Emil juga menambahkan bahwa Selasa 23 Januari, akan dilakukan pembekalan Syariah oleh pengawas dan akan dihadiri oleh semua pengurus di sekretariat IBR Sulsel. Koperasi ini terbuka umum bagi kaum muslimin yang berniat bergabung.

Laporan :Shanty

Editor : Andi A Efendy/ Anjas


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Ekobis,Makassar | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Ekobis

Kategori Makassar