16 October 2018

Forum Masyarakat Konsel, Siap Mengawal PT Baula Petra Buana

11 - Jan - 2018 | 17:30 | by: Admin1
Forum Masyarakat Konsel, Siap Mengawal PT Baula Petra Buana

Tinanggea, Beritakota Online –Ratusan massa yang tergabung dalam forum  Masyarakat Peduli Kab. Konsel berunjuk rasa di area pelabuhan Jety PT. Baula Petra Buana pada Kamis (11/1/2018).

Kedatangan ratusan massa tersebut untuk mewakili masyarakat Kab. Konsel terkhusus masyarakat Desa Roraya, dalam orasinya menyampaikan segala keresahan mereka terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan oleh kelompok H. Udin CS  yang menganggu kenyamanan warga Desa Roraya Kec. Tinanggea dan para karyawan PT Baula Petra Buana.

Orasi yang dipimpin oleh sdr. SONGO dan dikawal langsung oleh Kapolsek Tinanggea bersama anggotanya berlangsung dengan aman dan terkendali.

Dalam orasi yang disampaikan oleh sdr. Songo, masyarakat yang tergabung dalam forum Masyarakat Peduli Kab. Konsel meminta kepada pimpinan perusahaan PT. Baula Petra Buana, mulai detik dan hari ini jangan lagi pernah membuka negosiasi dengan pihak H. Udin karena tindakannya selama ini sama dengan teroris.

Dan mulai hari ini pula, masyarakat Desa Roraya akan mengawal seluruh tambang yang ada di Desa Roraya Kec. Tinanggea dan kalau ada pihak yang mencoba menghalangi aktifitas penambangan PT. Baula Petra Buana maka pihak-pihak terkait tersebut akan berhadapan dengan masyarakat Desa Roraya.

Masyrakat  juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk berlaku seadil-adilnya dan jangan hanya mementingkan pihak-pihak tertentu saja sehinga terkesan membela kelompok H. Udin CS.

Kemudian berharap aparat penegak hukun untuk segera menangkap ke 7 (tujuh) pelaku kelompok H. Udin yang sudah melakukan pengrusakan baik di pelabuhan jety maupun terhadap kapal takeboat serta penganiayaan terhadap kapten kapal takeboat.

Sejalan dengan harapan Masyarakat forum Peduli Kab. Konsel dalam orasi tersebut, Binmas Mangiri perwakilan dari serikat pekerja PT Baula Petra Buana juga menyampaikan tanggapan bahwa hari ini masyarakat Desa Roraya membuktikan haknya karena selama ini telah dikebiri oleh kelompok tertentu dan meminta kepada Kapolsek Tinanggea untuk menjamin kelompok H. Udin untuk tidak lagi datang di pelabuhan Jety menghalang-halangi aktifitas pemuatan ore nikel.

“Tolong sampaikan kepada H. Udin jangan coba-coba menduduki dan menempati pelabuhan Jety PT. Baula Petra Buana karena dianggap sudah tidak menghargai masyarakat Desa Roraya” tegasnya.

Bimsar perwakilan tokoh masyarakat Desa Roraya juga menyatakan bahwa perairan Desa Roraya  berbatasan dengan selat Tiworo dan keberadaan pelabuhan jety berada dalam wilayah perairan Desa Roraya sehingga masyarakat Desa Roraya berhak mempertahankan wilayahnya dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Menanggapi segala harapan dan permintaan seluruh elemen masyarakat dalam orasi tersebut,  Kapolsek Tinanggea menyatakan akan menindak tegas apabila ada oknum-oknum yang berupaya melawan hukum. Kapolsek Tinanggea juga menyatakan bahwa memang benar adanya belakangan ini H. Udin telah menuntut hak-haknya yang menurutnya adalah haknya namun hal itu juga belum tentu.

Namun Kapolres Konsel menyatakan dengan tegas bahwa aparat hukum tidak ada niat untuk melakukan pendekatan kepada kelompok H. Udin melainkan cara untuk meredam tindakan H. Udin CS.

Kapolsek Tinanggea meyakinkan hari ini tidak ada aksi dari kelompok H. Udin di pelabuhan Jety dan pihaknya akan mengawal aksi masyarakat Desa Roraya sambil menunggu hasil mediasi yang sementara berlangsung di Polres Konsel.

Laporan: Widyanti Saputri

Editor: Moh Amir, Anjas/ Andi A Efendy

 


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Hukum dan Kriminal,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Hukum dan Kriminal

Kategori Nusantara