20 February 2018

Pemda Takalar Canangkan Program Gema Tasamara

4 - Jan - 2018 | 08:47 | by: Admin1
Pemda Takalar Canangkan Program Gema Tasamara

Takalar, Beritakota online— Kabupaten Takalar akan menjadi Kabupaten Gerakan Masyarakat (Gema) Tangkasa dan Gammara (Tasamara) sedikitnya ada 22 komitmen yang akan diterapkan dalam “Gema Tasamara”.

Pencanangan “Gema Tasamara” yang dilaksanakan dalam apel siaga bencana dalam rangka kesiapsiagaan bencana alam di Kabupaten Takalar dipimpin langsung oleh Bupati Takalar, Syamsari Kitta di Lapangan H. Makkatang Dg. Sibali Takalar, Rabu (3/1/2018)

Komitmen yang disepakati bersama dalam pencanangan itu diantaranya tidak membiarkan sampah bertumpuk dan berserakan di lingkungan sekitarnya, saluran air atau drainase bersih dari sampah dan endapan serta tidak tersumbat.

Selain itu tersedia Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS), sampah basah dan kering, pengolahan sampah, WC, air bersih, di areal perumahan, perkantoran, sekolah, pertokoan, pasar, industri terminal, tempat wisata, pelabuhan.

Serta Menata Pedagang Kaki Lima (PKL) tidak menempati jalan, trotoar, bahu jalan dan diatas selokan. Mengolah sampah dengan prinsip 3 R (kompos, daur ulang dijadikan kerajinan).

Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan taman, ditata, dipelihara dan dihijaukan. Sungai dan pantai bersih, hijau dan tidak tercemar, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum menyediakan Instalasi pengolahan limbah cair dan limbah medis atau mengirim limbah medis ke pihak 3.

Upacara ini dirangkaikan dengan penyerahan bantuan motor operasional angkutan sampah dari Bupati Takalar kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan kabupaten Takalar.

Syamsari Kitta menegaskan bahwa mulai saat ini soal kebersihan harus betul-betul dimanage dengan pola dan sistem yang baik.

“Pencanangan ini jangan hanya bersifat di atas kertas, artinya tak lebih dari pada sekedar retorika belaka,” ucapnya.

Katanya juga, tidak bisa lagi ada anggota masyarakat yang tidak patuh. Kembali ingatkan bahwa masalah kebersihan menyangkut soal budaya dan berkaitan dengan kedisiplinan.

“Bahkan agama menyebutkan kebersihan adalah sebagian dari iman,” kuncinya.

Laporan : Shanty

Editor: Anjas/ Andi A Efendy

 


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Budaya,Daerah,Kesehatan | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Budaya

Kategori Daerah

Kategori Kesehatan