20 January 2018

Check Ketersediaan Stock di Agen, Pertamina, Hiswana Migas Dan Disperindag Kota Makassar Operasi Pasar Gas Elpiji 3 Kg

9 - Des - 2017 | 21:52 | by: Admin1
Check Ketersediaan Stock di Agen, Pertamina, Hiswana Migas Dan Disperindag Kota Makassar Operasi Pasar Gas Elpiji 3 Kg

Makassar, Beritakota Online-Untuk memenuhi kebutuhan pengguna LPG 3 kg Pertamina, Disperindag serta Hiswanamigas melakukan operasi pasar (OP) di Makassar sekaligus mengecek langsung ketersediaan LPG 3 kg di Agen dan SPBU.

Selama sepekan terakhir ini, gas elpiji 3 kg dirasakan langka oleh masyarakat di kota Makassar dan beberapa Kabupaten di Sulawesi.

Mereka antre di pangkalan dan agen penyalur di Makassar untuk mendapatkan gas melon ini.

“Untuk mengantisipasi ini, PT Pertamina dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Bumi dan Gas (Hiswana Migas) DPD VII Sulawesi dan Disperindag Kota Makassar mengadakan operasi pasar dilakukan ditempat-tempat strategis dan dikoordinasikan dengan Kelurahan setempat,” ujar H.Hasbidin Ketua DPD VII Sulawesi melalui rilisnya ke Beritakota Online, Sabtu (09/12).

Adanya dugaan Masyarakat dianggap sulit mendapatkan gas melon tersebut baik di tingkat pangkalan maupun agen penyalur disejumlah lokasi di Makassar dan kabupaten lainnya di Sulawesi.

Menurutnya, penyebab langkanya gas melon ini adalah penggunaan yang dinilai tidak tepat sasaran karena banyak masyarakat mampu yang menggunakan juga gas elpiji 3 kg.

“Disamping itu banyaknya masyarakat melaksanakan hajatan pernikahan sehingga meningkatan konsumsi gas elpiji 3 kg,” ujar Hasbidin.

Adanya Operasi Pasar ini diharapkan mampu menekan harga yang sebelumnya meningkat hingga Rp 25.000/tabung di tingkat pengecer menjadi normal sesuai HET kota makassar Rp 15.500 dan kebutuhan Masyarakat akan gas melon ini dapat terpenuhi hingga situasi normal, ucap Hasbidin didampingi Wakil Bendahara DPD VII Sulawesi, H.Malik Amin.

Dan H.Hasbidin menambahkan bahwa pada dasarnya Masyarakat tidak perlu ada kekwatiran elpiji 3 Kg tidak sulit didapat karena setiap pangkalan dan SPBU di Makassar tetap ada tersedia elpiji tersebut, jelasnya.

Menurut  Manager Communication PT Pertamina MOR VII, tabung gas elpiji disalurkan melalui 117 agen dan 7.909 pangkalan.’

“Hingga saat ini aktivitas pengisian elpiji 3 Kg dilakukan di 15 Stasiun pengisian dan pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE ) berjalan lancar tidak ada kendala. Pertamina menyalurkan elpiji 3 kg sesuai kuota yang ditentukan oleh Pemerintah,” ujar Roby Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII Sulawesi

Ia menjelaskan, Pertamina sebagai badan usaha yang ditugaskan menyediakan dan mendistribusikan LPG 3 kg, hanya melakukan pengawasan pendistribusian elpiji 3 Kg hingga ke tingkat agen dan pangkalan, tidak sampai ke tingkat pengecer.

Untuk pembelian elpiji 3 kg sesuai dengan HET, masyarakat diimbau untuk membeli di pangkalan terdekat.

“Sesuai dengan peruntukannya bahwa tabung gas elpiji 3 kg adalah untuk masyarakat miskin termasuk usaha kecil yg memerlukan elpiji untuk memasak dalam usahanya. Pertamina menghimbau agar masyarakat yang seharusnya tidak menggunakan elpiji bersubsidi untuk menggunakan elpiji Non subsidi,” ungkap Roby.

Herman mengatakan, Pertamina menyediakan beberapa pilihan elpiji Non subsidi antara lain Brightgas 12 kg dan Brightgas 5.5 kg.  (*)

Laporan : Azis Umar/Muh Iwan
Editor : Anjas/Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Ekobis,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Ekobis

Kategori Nusantara