No Banner to display

26 April 2018

Semaraknya Festival Budaya Minangkabau, Rekor MURI pun Pecah

29 - Nov - 2017 | 17:32 | by: Admin1
Semaraknya Festival Budaya Minangkabau, Rekor MURI pun Pecah

Jakarta, Beritakota On-line  — Senyuman manis sepertinya tak mau lepas dari wajah Ibu Mufidah Jusuf Kalla,  saat menyaksikan sekitar 1117 orang membawakan tari kolosal Pesona Minangkabau dan Arakan Jamba (nampan berisi lauk pauk yang diangkat diatas kepala).  Penari ini berasal dari Sanggar Tari Bunian PKK Nagari. Hebatnya,

Arakan Jamba ini dinilai sebagai peserta yang terbanyak sehingga memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Kekompakan gerak tari serta semaraknya warna busana yang dikenakan makin memberi   suka cita bagi undangan yang hadir pada acara pembuka  Festival Pesona Budaya Minangkabau 2017. Dibuka secara resmi oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Dekranas di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (29/11).

Festival tahunan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Buku Iluminasi Batik Minang Pariagan oleh Ibu Nevi Irwan Prayitno dan penyerahan Songket Pandai Sikek oleh Ketua Dekranasda Tanah Datar kepada Ibu Mufidah.

Dalam sambutan selamat datangnya  Wakil Gubernur Sumbar,  Nasrul Abit berharap agar festival ini adat Minangkabau dapat terus dilestarikan.

Kepada Nasri Aboe, dari  DPP Journalist Online Indonesia (JOIN ) Jakarta, Husain Abdullah, lewat  Jeriwongiyanto dari  SetwapresRI, via  WhatsApp , Rabu petang (29/11) mengatakan   sudah banyak prestasi budaya dan karya yang diraih Sumbar baik nasional maupun internasional.

Makanya hal  senada dikatakan Ibu Mufidah,  adat budaya Minangkabau ini harus dipertahankan dan dilestarikan.

“Acara seperti ini sangat penting,  agar anak anak muda tahu bahwa ada budaya Minang yang perlu dilestarikan.  Saya sangat mendukung acara ini, apalagi bisa dihadiri tamu dari negara negara tetangga, “kata Ibu Mufidah yang membawa rombongan Ibu Ibu Oase Kabinet Kerja dan Dekranas.

Setelah membuka festival ini,  Ibu Mufidah menyempatkan diri meninjau pameran tenun songket massal produk pengrajin Sumbar.

Penulis : Nasri Aboe/JOIN.

Editor : Anjas/ Andi A Effendy/ H Sakkar

 


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Budaya,Nasional | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Budaya

Kategori Nasional