20 August 2017

Festival Budaya Islam di Mamuju, Meninggalkan Sejuta Sampah Dianjungan Manakarra

25 - Jul - 2017 | 18:00 | by: Admin1
Festival Budaya Islam di Mamuju, Meninggalkan Sejuta Sampah Dianjungan Manakarra

Mamuju, Beritakota Online-Acara Khataman Al’quran 5000 Orang dihadiri Menteri Agama RI Lukman Hakim menyisakan tebaran sampah di anjungan Manakarra bahkan sampai di sepanjang badan jalan pantai manakarra. Sisa sampah masih terlihat setelah acara berlangsung pada Selasa (25/07/2017. Selain diikuti oleh ribuan Anak Santri, acara khataman al’quran ini juga diramaikan oleh seluruh santri Yg ada di Provinsi Sulbar.

Sebagian besar peserta meninggalkan sampah berupa sisa bungkus makanan dan plastik alas duduk. Hal yang sama pun dilakukan oleh para santri. Rahmi, salah satunya. Ia merasa tidak ada masalah ketika meninggalkan sampah. “Kan sudah ada petugas yang membersihkan, dan kita juga sudah sangat bergantung padanya,” ungkapnya. Ketergantungan terhadap petugas kebersihan pun diungkapkan oleh penonton yang lain, Nurul Ilmiyah. Ia beranggapan, teman-temannya tidak akan bersedia jika mereka diajak untuk membersihkan sampah sisa acara, alasannya karena sudah ada petugas kebersihan yang akan membersihkannya. “Sebenarnya saya ingin membersihkannya, tapi gara-gara teman saya nggak mau, ya tidak jadi,” tambahnya.

Terkait hal itu, Risna salah seorang warga yang juga datang dalam acara tersebut, menyayangkan tindakan sebagian keluarga santri dan jamaah yg hadir. “Kita kan orang Islam, punya hadits kebersihan sebagian daripada iman, tapi pulang kok ninggal sampah,” ungkap wanita yang sehari harinya menjual di pasar. Triani juga berharap mahasantri dapat lebih peka terhadap kebersihan lingkungan di tempat manapun. Wanita itu berpendapat bahwa saat ini mereka kurang memperhatikan kebersihan lingkungannya. “Seharusnya bersih-bersih tidak hanya pada event-event tertentu saja, tetapi dalam kesehariannya juga,” imbuhnya

Laporan : Muh.Basri S
Editor : H.Sakkar/Mirsyahbani/Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Budaya,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Budaya

Kategori Nusantara