20 October 2017

Dikemas Moderen MLW Tetap Utamakan Nilai Tradisional, Dibuka Wakil Bupati

13 - Jul - 2017 | 05:56 | by: Admin1
Dikemas Moderen MLW Tetap Utamakan Nilai Tradisional, Dibuka Wakil Bupati

Mamuju, Beritakota Online-Dikemas lebih moderen dengan adanya kompetisi Fotografi “Tarung Foto” dengan tiga kategori utama yaitu kategori Hunting, Foto Instagram serta On The Spot, Manakarra Local Wisdom (MLW) tetap utamakan nilai tradisional dengan menghadirkan permainan tradisional seperti Mogasing, Layang-layang Karacang dan beragam permainan tradisional lainnya serta ritual adat masossor manurung atau pencucian pusaka kerajaan Mamuju yang juga menjadi salah satu objek Tarung Foto yang hasilnya tetap mengutamakan nilai tradisional.

Menanggapi hal tersebut,  Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari yang membuka Manakarra Local Wisdom yang berlangsung di rumah adat Mamuju Rabu, (12/07/17), bahwa kegiatan ini uniknya moderen dan tradisional bisa disatukan, meskipun masih banyak kekurangan itu perlu di maklumi sebab ini kali pertama kombinasi antara permainan tradisional dengan tarung foto dilaksankan, “Saran saya sebaiknya tetap utamakan lokal, namanya saja local wisdom”

Kita berharap dengan event semacam ini kekayaan kearifan lokal di Daerah kita akan senantiasa terjaga dan tetap menjadi kebanggaan kita bersama, karenanya saya mengajak kita semua untuk tetap mencintai dan melestarikan segala kekayaan yang kita miliki, karena dengan rasa cinta dan bangga saya yakin akan muncul niat dan tindakan untuk senantiasa menjaga kearifan lokal yang ada di Daerah kita, Pungkasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan H. Sahari Bulan juga mengatakan bahwa Intinya, dengan adanya Manakarra Lokal Wisdom,  kita ingin melestarikan permainan tradisional Daerah, karena semakin majunya teknologi banyak anak – anak yang lupa permainan itu bahkan tidak tau sama sekali permainan tradisionalnya, Haturnya.

Sekedar diketahui, acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Mamuju Hj. Siri Suraidah Suhardi, Kasdim 1418 Mamuju Andi Ismail, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  peserta lomba permainan tradisional serta masyarakat mamuju yang turut serta hadir memeriahkan rangkaian menuju hari jadi Kabupaten Mamuju ke – 477 yang lebih tepatnya jatuh pada hari Jumat, 14 Juli 2017. (HMS. Lisa Sari Dewi)

Editor : Muh Basri S/H.Sakkar/Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Nusantara