22 August 2017

PSC 119 Sulbar, Polres Mamuju dan Berita Kota Online Siaga Mudik

15 - Jun - 2017 | 15:52 | by: Admin1
PSC 119 Sulbar, Polres Mamuju dan Berita Kota Online Siaga Mudik

Mamuju, Beritakota Online-Kapolres AKBP Rifai Syarifuddin, menghadiri menghadiri Kordinasi Public Safety Center 119 yang gelar oleh PSC 119 Sulbar Diaula Mapolres Mamuju dalam rangka rapat kordinasi Siaga Mudik 2017 Bekerja Sama beberapa instansi termasuk Media Online Kantor Berita Kota Nusantara.

Selain Kapolres Mamuju, acara tersebut dihadiri Oleh Tim dari Kodim 1418 Mamuju, serta Kepala Instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan PSC 119 Kab.Mamuju, Para relawan Tim Medis PSC 119 Sulbar dan Perwakilan Berita Kota Online Biro Sulbar.

Dalam sambutannya Ketua PSC 119 Sulawesi Barat Dr. Harpandi Rahim, mengatakan pelaksanaan PSC 119 ini merupakan Instruksi Presiden RI No.4 tahun 2013 untuk membentuk Tim Public Safety Center, tujuannya yaitu agar tercipta kesiapan personil, sarana dan prasarana dalam penanganan keadaan gawat darurat khususnya pra rumah sakit yang bermuara pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Dokter Harpandi menambahkan, Gawat Darurat Medik merupakan peristiwa yang dapat menimpa setiap orang. Bisa secara tiba-tiba dan membahayakan jiwa sehingga membutuhkan penangan yang cepat dan tepat. Dalam kondisi gawat darurat, diperlukan sebuah sistem informasi yang terpadu dan handal untuk bisa digunakan sebagai rujukan bagi penanganan gawat darurat, maka dikembangkan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

SPGDT adalah sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur, pelayanan pra Rumah Sakit, pelayanan di Rumah Sakit dan antar Rumah Sakit. Pelayanan berpedoman pada respon cepat yang menekankan time saving is life and limb saving, yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat awam umum dan khusus, petugas medis, pelayanan ambulans gawat darurat dan sistem komunikasi,
Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan fungsi koordinasi lintas sektor atau institusi seperti TNI Polr, BPBD dan organisasi Kepemudahaan saat penanganan awal di lokasi kejadian, serta dengan rumah sakit dalam pelayanan rujukan lanjutan.ujarnya

Laporan : Muh.Basri S
Editor : H.Sakkar/Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Liputan Ramadhan 1438 H,Polisi | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Liputan Ramadhan 1438 H

Kategori Polisi