21 November 2017

Tim Terpadu Sulbar Temukan Ikan Diduga Mengandung Formalin Di Pasar Mamasa

10 - Jun - 2017 | 17:17 | by: Admin1
Tim Terpadu Sulbar Temukan Ikan Diduga Mengandung Formalin Di Pasar Mamasa

Laporan : Muh Basri S dari Mamasa

Mamuju, Beritakota Online-Berformalin Tim terpadu Pemerintah Prov.Sulawesi Barat Dan Pemerintah Kabupaten Mamasa menemukan beberapa jenis ikan yang di duga mengandung bahan pengawet dan formalin di pasar Sentral mamasa Sabtu.

Tim terpadu yang terdiri atas Dinas Ketahanan Pangan dari tim Pengendalian Pangan Prov.Sulbar, Biro Ekbang Sulawesi Barat dan Dinas ketahana pangan Kab.Mamasa, menemukan ikan yg diduga mengandung formalin yakni ikan laut dan ikan laut.

“Hasil penelitian secara langsung yang kita lakukan di lapangan beberapa jenis ikan ini mengandung formalin. Akan tetapi kita tetap teliti ulang di laboratorium,” ujar Kepala Salah Satu Tim Terpadu inspeksi mendadak.

Saat sidak tersebut, pihak penjual ikan hanya pasrah saat ikan yang mengandung formalin itu dimasukkan ke dalam kantongan, kemudian dibawa Tim Terpadu , untuk diteliti ulang di labolatorium.

Bahkan petugas dari tim terpadu dibantu sejumlah juga melakukan tes terhadap kebutuhan pokok di seperti ikan kering, ikan basah, udang, ayam, dan takjil satu per satu.

“Ikan ini didatangkan dari dari Kabupaten Sinjai Sulsel dan Kab.Polman Sulbar dan,” kata salah satu penjual ikan kepada tim Terpadu.

Selain itu, tim terpadu memberikan peringatan kepada Pedagang.

Bukan hanya itu, tim terpadu menurunkan paksa beberapa jenis ikan basah seperti bandeng dari atas dan ikan laut dilarang menjual ikan tersebut karena dinilai sudah tidak layak konsumsi.

“Ikan basah ini akan langsung dimusnahkan setelah ada hasil laboraturium karena sudah tidak layak.ujar Salah satu Tim Terpadu

Ia menuturkan, tidak menutup kemungkinan makanan sejenis yang mengandung formalin banyak beredar di pasar tradisonal. Sebab, tim terpadu masih akan melanjutkan sidak di seluruh pasar besar dan tradisional di Sulawesi Barat hingga lebaran Idul Fitri.

“Jelas kita akan panggil yang bersangkutan untuk membuat surat pernyataan. Makanan yang kita temukan dan terbukti mengandung zat pengawet dan formalin kita musnahkan,” katanya

Editor : H.Sakkar Rauf/Andi A Effendy


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Daerah,Liputan Ramadhan 1438 H | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Daerah

Kategori Liputan Ramadhan 1438 H