23 July 2017

Lounching PSC 119 Sulawesi Barat, Ketua PSC : Untuk Pelayanan Masyarakat Yang Lebih Baik

1 - Jun - 2017 | 15:54 | by: Admin1
Lounching PSC 119 Sulawesi Barat, Ketua PSC : Untuk Pelayanan Masyarakat Yang Lebih Baik

Laporan : Muh.Basri S Dari Mamuju

Mamuju, Beritakota Online-Direktur Utama RSUD Regional Sulawesi Barat Dr.Andi Munatsir bersama Dr.Harphandi Rahim Ketua PSC (Public Safety Center) 119 Sulawesi Barat Membuka lounching PSC 119 di Markas Public Safety Centre PSC 119 ( 01.06.2017. jln.Andi Pettarani No.14 Mamuju Layanan publik yang terintegrasi dengan NCC (National Command Center) di memungkinkan warga Sulbar khususnya Kab.Mamuju mengaksesnya lewat telepon seluler maupun telepon rumah.

Selain itu, layanan PSC 119 merupakan kolaborasi nasional antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah yang menerapkan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) dan MAS GADAR ( masyarakat Sadar Gawat Darurat)

Alur pelayanan dimulai ketika NCC menerima telepon laporan keadaan gawat darurat dari masyarakat di seluruh Indonesia kemudian meneruskannya ke sentra layanan publik di kabupaten dan kota terkait. Selanjutnya sentra di daerah akan segera menangani keadaan gawat darurat tersebut.

Sesuai Instruksi Presiden No. 4 Tahun 2013 setiap daerah harus membentuk sentra layanan kedaruratan 119 yang bisa diakses warga secara luas dan gratis untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti kesakitan dan kematian yang diakibatkan keterlambatan pelayanan medis.

Selain di Sulbar, beberapa kota yang sudah lebih dulu menggunakannya antara lain Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Denpasar, Manado dan Makasar.

Secara khusus Dirut RSUD Regional provinsi Sulawesi Barat Dr.Andi Munatsir menitip pesan agar PSC 119 bisa menjangkau kecamatan-kecamatan ke pelosok-pelosok supaya gaungnya tidak hanya di Kab.Mamuju saja serta mesti terintegrasi pula dengan puskesmas yang ada di kecamatan.

Ia juga menambahkan supaya petugas-petugas PSC selalu mengedepankan pelayanan yang ramah tamah ke warga dengan prinsip 3S (Salam, Senyum, Sapa).

“Itu baru namanya kita bisa memberi pelayanan yang baik untuk masyarakat, itulah yang perlu disentuh,” tegas.

Ketua PSC 119 Sulbar menambahkan “semua masyarakat akan di latih dilibatkan utk membantu sesama bahkan kami akan melibatkan beberapa Dinas Pemerintah provinsi, TNI POLRI, PMI, SAR dan ORARI dan Tiger Owners Club Mamuju Serta beberapa Organisasi kepemudaan
Dr.Harphandi juga mengatakan salah satu tujuan PSC 119 adalah mendidik masyarakat untuk dpt melakukan tindakan bantuan Pertama sambil menunggu Ambulans datang ujarnya.

Editor : H.Sakkar/Andi Ahmad


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Foto,Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Nusantara | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Foto

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Nusantara