22 September 2017

Jembatan Timbang Maccopa Maros Ingin Kembalikan Citranya Tidak Ada Lagi Pungli

24 - Mei - 2017 | 20:39 | by: Admin1
Jembatan Timbang Maccopa Maros  Ingin Kembalikan Citranya Tidak Ada Lagi Pungli

Maros, Beritakota Online –Jembatan timbang Maccopa Kabupaten Maros kembali difungsikan. Setelah sekian lama ditutup pasca Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada petugas jembatan timbang di Kabupaten Maros beberapa bulan lalu.

Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan bahwa sejak 1 Januari 2017, pengelolaan Jembatan Timbang beralih ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Ada 25 jembatan timbang di Indonesia Secara Simbolis resmi dibuka 1 di antaranya wilayah timur Sulawesi Selatan yakni  jembatan timbang Maccopa Kabupaten Maros

Pengoperasian jembatan timbang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi darat kepada masyarakat,  khususnya terkait keselamatan, keamanan dan pelayanan transportasi darat.

Kordinator UPPKB Abd Asia.S.K. saat di konfirmasi di ruang kerjanya Rabu.24/5/17 mengatakan, jembatan timbang di Indonesia yang resmi dibuka kementerian perhubungan sebanyak 25 secara serentak, akan tetapi pengoperasian jembatan timbang  masih dalam tahap sosialisasi bagi pemilik kendaraan angkutan barang dan juga pengemudi kendaraan angkutan barang.

Setelah melalui tahap sosialisasi akan dilanjutkan tahap teguran dan yang terakhir tindakan seperti tilang dan itupun melalui proses kerja sama antar pihak instansi terkait seperti Dishub, kepolisian, kejaksaan dan Dandim.

Lanjut Asis,” oleh karena bentuk pengoperasian memliki 3 tahapan yakni Sosialisasi, teguran dan penindakan.Selama sosialisasi dilakukan sekitar 700 unit kendaraan yang melintas dalam 24 jam sebanyak 80 -90 % pelanggaran kelebihan muatan yang didapatkan selama ini dan sebagai hanya laik jalan saja.

Pelanggaran kelebihan muatan akan ditindak tegas berdasarkan undang undang nomor 22 tahun 2009. PP 74 tahun 2014 dan PM Nomor 134 tahun 2015.

Abd. Asis S.K. Berharap. Dalam pengoperasian Jembatan Timbang harus terwujud mengembalikan citra jembatan timbang serta semangat good government dan clean government. Untuk mewujudkannya harus didasari niat mau berubah ke arah positif. Tidak ada lagi pungli di Jembatan Timbang.

Laporan : Syamsul Bakri
Editor : Anjas/H.Sakkar


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Daerah | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Daerah