23 November 2017

Kapolda Sulsel Bersama PJU Safari Jumat Di Masjid Tertua di Selayar

21 - Apr - 2017 | 14:39 | by: Admin1
Kapolda Sulsel Bersama PJU Safari Jumat Di Masjid Tertua di Selayar

Selayar, Beritakota Online-Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Muktiono bersama jajaran Pejabat Utama Polda Sulsel pada hari ini, Jumat (21/4/2017) melakukan “Safari Jumat”  di Masjid Tua Gantarang Lalang Bata, Desa Bonto Marannu, Mesjid yang berjarak 25 KM dari kota Benteng ini konon merupakan mesjid tertua di Kepulauan Selayar

Seperti dilansir Tribratanews, Kapolda Sulsel dan rombongan pejabat utama didampingi bupati Drs. H. Basli Ali, menyambangi masyarakat kampung Gantarang Lalang Bata, dan disambut masyarakat Gantarang dengan suka cita, beliau kemudian melaksanakan Sholat Jumat bersama masyarakat kampung Gantarang.

Mesjid tua yang bernama mesjid awaluddin ini menurut sejarah dibangun oleh Datu Ribandang dalam perjalanannya pulang dari Kepulauan Buton. Mesjid tua di Gantarang ini tiang utamanya konon terbuat dari kayu pohon cabe (lombok) raksasa. Tiangnya terdirir dari 17 buah melambangkan jumlah rakaat dalam shalat. Disamping mesjid tua, ada satu meriam tua yang tergeletak begitu saja, kemungkinan peninggalan Perang Dunia ke-2.

Perkampungan Gantarang Lalang Bata adalah sebuah perkampungan kecil dan tua yang sangat terpencil. Jumlah rumah yang ada dikampung itu sekitar 20an, dan disekitarnya dikelilingi kuburan tua yang kalau dilihat dari batu batu nisannya mungkin sudah mencapai 300 – 400an tahun. Kampung ini dikelilingi oleh jurang terjal dan satu satunya akses kesini adalah tangga dari jalan desa.

Editor : Fadly Syarif/Muh Sain/Mirsyahbani


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Daerah,Polisi | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Komentar ditutup.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Daerah

Kategori Polisi