25 June 2017

2017, Pemkab Pangkep Alokasikan ADD Sebesar Rp. 73, 3 Milliar, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Bilang Sudah Bisa di Cairkan

7 - Apr - 2017 | 23:03 | by: Admin1
2017, Pemkab Pangkep Alokasikan  ADD Sebesar Rp. 73, 3 Milliar, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Bilang Sudah Bisa di Cairkan

Pangkep, Beritakota Online- Untuk tahun anggaran 2017, Pemerintah Kabupaten Pangkep, telah menganggarkan ADD sebesar Rp. 73. 382.464.100 untuk 65 Desa di Kabupaten Pangkep dan sudah bisa di cairkan, apabila telah terpenuhi persyaratan yang di tenukan.

Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Pangkep untuk tahap pertama pada tahun 2017 sudah bisa dicairkan, hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Lingkup BPMD Pangkep, Arisal Hasan, Jumat (7/4).di ruang kerjanya.

Menurut Arisal, untuk tahun 2017, Pemerintah Pangkep, melalui APBD menganggarkan ADD sebesar Rp. 73. 382.464.100 yang akan dialokasikan untuk 65 desa sekabupaten Pangkep. Arisal juga menjelaskan jika pencairan ADD tersebut dilakukan melalu transfer langsung ke rekening desa.

“Pencairan ADD pada tahun 2017 ini akan dilakukan dalam dua tahap, dengan pembagian 60 persen pada tahap pertama ini dan 40 persen pada tahap kedua nanti,” jelasnya.

Besaran anggaran pencairan dana desa sendiri berbeda. Menurut mantan ajudan Syamsuddin periode 2012 – 2016 tersebut, kriteria besaran anggaran dilihat dari apa yang ada di desa tersebut, antara lain luas desa, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, jangkauan desa atau letak geografis dari ibukota Kecamatan.

“Jadi desa untuk tahap pertama ini, paling sedikit bisa mencairakn anggaran hingga Rp 600 juta, mengingat ADD setiap desa kita untuk 2017, paling rendah 1 Miliar ,” lanjutnya.

Untuk tahun ini, proses transfer ADD tergolong lebih awal jika dibandingkan pada tahun 2016. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan pembangunan di setiap desa dapat dipercepat.

Terkait pencairan ADD ini, Kepala desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Rizal Idris, mengaku dalam waktu dekat akan menyetor segala persyaratan pencairan, lantaran saat ini pihaknya masih menunggu Laporan Pertanggung Jawaban dari kepala desa sebelumnya.

“Saya lengkapi dulu syaratnya semua, karena kepala desa sebelum saya, belum menyetor LPJnya, kita upayakan segera, karena kita sudah punya program untuk percepatan pembangunan kita”, singkat Rizal.

Tentunya bagi desa yg ingin melaksanakan pencairan untuk memenuhi persyaratan seperti, RPJMDes, RKPDes, dan APBDes, serta laporan realisasi tahun sebelumnya, untuk ADD 2017 ini, diketahui mengalami peningkatan hingga 90 persen, atau kurang lebih 44 Miliar di tahun 2016

Laporan :Herman Djide,
Editor : H.Sakkar/Muh Sain


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita Utama,Daerah | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita Utama

Kategori Daerah