26 June 2017

Lantamal VI Makassar Gelar Bakti Sosial di Pulau Sabutung Pangkep

7 - Apr - 2017 | 15:14 | by: Admin1
Lantamal VI Makassar Gelar Bakti Sosial di Pulau Sabutung Pangkep

Pangkep, Beritakota Online- Dalam rangka mempringati Hari Ulang tahun TNI ke-71, kini Lantamal VI Makassar gelar berbagai kegiatan, diantaranya melakukan Bakti sosial di tengah-tengan masyarakat terpencil, yakni di pulau Sabutung Kecamatan Liukang Tumpabiring Utara Kabupaten Pangkep, Kamis (6/4)

Dalam acara tersebut Bupati Kabupaten Pangkep H. Syamsuddin A Hamid beserta beberapa jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab Pangkep menghadiri acara tersebut.

Komandan Lantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Muh. Yusuf, mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan tugas pokok angkatan laut, dalam bentuk pemberdayaan wilayah pertahanan, salah satu kegiatan bakti sosial dengan masyarakat yang dilaksanakan pada pulau pulau terpencil atau pulau terluar.

Menurutnya, Karya Bakti Dan Komunikasi Sosial tersebut melibatkan instansi lain seperti pemerintah daerah, Bank indonesia, beberapa bank swasta, walubi makassar dan masyarakat pulau sabutung itu sendiri.

Komandan Lantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI, Yusup menuturkan alasan memilih pulau sabutung ini, karena menurutnya pulau sabutung memilki potensial sumber daya alam yang besar untuk dikelola.

Menurutnya, Tidak hanya pulau sabutung saja, sebelumnya telah dilakukan hal serupa di pulau saugi. Pulau tersebut terletak tidak jauh dari pulau sabutung.

Selain itu, ia juga mengatakan akan melakukan aksi sosial seperti ini pada Juni mendatang di pulau Kapoposang yang masih berada di wilayah Kepulauan Pangkep.

“Wilayah kepulauan dan pesisir di Pangkep ini sangat potensial untuk dikelola. Sayang sekali jika kita tidak maksimalkan potensi yang ada. Selain itu program seperti ini memang sudah menjadi tugas TNI AL untuk menjaga pertahanan nelayan dan komunikasi sosial langsung ke nelayan. ” Ujarnya, Kamis 6 April.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa potensi yang paling mendukung untuk dikembangkan adalah budidaya rumput laut. Sebab, pembudidayaan yang terarah tentunya akan memberikan hasil yang maksimal tidak hanya bagi pelaku usaha. Tetapi untuk Pangkep itu juga.

Sementara itu Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid sangat mengapresiasi Lantamal VI dan seluruh pihak yang telah membantu pembangunan di wilayah pesisir dan kepulauan yang ada di Pangkep.

” Tentunya dengan sinergitas bersama. Kita bisa wujudkan kawasan pesisir yang tak kalah dengan di Kota. Dengan pengembangan yang terus dilakukan. Maka akan menjadikan pulau sabutung sebagai kawasan wisata dan tentunya akan memberikan kesejahteraan masyarakatnya.” Ucapnya.

Pemberian pelayanan kesehatan gratis merupakan salah satu kegiatannya. Meliputi penyelenggarakan pemeriksaan gratis, sunatan massal, pengobatan mulut dan gigi, serta penyuluhan kesehatan terhadap puluhan siswa SD. Pengobatan gratis tersebut disambut sangat baik oleh masyarakat. Bahkan mereka rela antre untuk mendapatkan pengobatan gratis.

Selain itu, kegiatan lainnya dengan pembangunan warung baca, penghijauan dengan penananaman 50 bibit pohon sukun dan penukaran uang dari Bank Indonesia.

Laporan:Herman Djide
Editor : H.Sakkar/Muh Sain


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Berita Pilihan,Berita Terkini,Berita TNI,Berita Utama,Daerah | Responses are currently closed, but you can TRACKBACK .

Comments are closed.

Kategori Berita Pilihan

Kategori Berita Terkini

Kategori Berita TNI

Kategori Berita Utama

Kategori Daerah